Gerakan Avant-Garde Poster Film Soviet

Authors

  • Henny Saptatia Program Studi Kajian Wilayah Eropa Pascasarjana Universitas Indonesia

Keywords:

seni grafis, gerakan Avant-Garde, poster film Soviet

Abstract

Pasca runtuhnya Imperium Rusia, Uni Soviet dianggap mampu mencapai sukses besar dalam penciptaan karya sinematografi. Kebangkitan Gerakan avant-garde memiliki keterkaitan politis dengan munculnya gerakan anti Imperium. Revolusi rakyat dan kelahiran Uni Soviet sebagai negara baru dengan ideologi baru justru menjadi stimulan bagi munculnya bentuk-bentuk seni baru. Seniman Grafis terlibat dalam maraknya gerakan avant-garde lewat aneka genre poster, termasuk poster film.

Senafas dengan gerakan ini, seni Grafis poster film Soviet dianggap berkembang dengan inovasi dan teknik baru. Dalam gerakan ini hanya ada satu prinsip yang dipertahankan, yaitu memberikan ruang gerak seluas-luasnya bagi para seniman Grafis untuk bermain penuh menuangkan imajinasinya. Keistimewaan poster film avant-garde Soviet terlihat pada bentuk ekspresi individual sang seniman Grafis, inilah yang membedakannya dari kebanyakan jenis poster lain pada umumnya. Dalam poster film avant-garde nilai artistik dan estetik sebuah poster semata mata memang hanya ditentukan oleh kualitas Grafis.

References

KvIHOI1J1aKaTbI pyccKoro ABaHrapAa, (2006), [KAK) )KypHaJI 0 r paqnPIecKoM)],M3aHHe . Dimuat juga dalam: http://www. dv -rec1ama.ru. 10.11. 2011.

flempMJIbM : Ka)],p 3a Ka)]'pOM (2008), CI16, )], OM «ca)], MCCKYCTB» .

MOC

H3eHIII T eHH, CepreH , (2002). I1c MXOJIOrMlJeCKMe BorrpocbI MCKycc TBa . M, CMbICJI.

Published

2024-10-15

How to Cite

Saptatia, H. (2024). Gerakan Avant-Garde Poster Film Soviet. IMAJI, (6), 98–109. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/213

Issue

Section

Articles