Kesenian dan Industri dalam Era Digital

Studi Kasus: Pengembangan Kreatifitas Musik melalui Perekaman Komputer

Authors

  • Safi'i Sarim Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

Bakat, Musik, Perekaman Musik

Abstract

Sebuah bakat adalah kata yang sangat penting dalam bidang apapun, termasuk dalam bidang musik atau kesenian pada umumnya. Tetapi sebuah bakat seringkali terkendala dengan berbagai hal, sehingga bakat itu tidak berkembang atau tak pernah punya bentuk yang dapat dikenal secara luas.

Menurut Joe Khatena dan Nelly Khatena dalam buku Developing creative talent in art; a guide for parents and teachers, adalah penting untuk familiar dengan sebuah bakat alam, tetapi adalah juga penting untuk memberi kesempatan berkembang, meningkatkan, mewujudkan dan memberikan pengakuan.

Seorang Raden Saleh pun menjadi terkenal karena bakatnya ditemukan oleh seorang Belanda yang bernama Auguste Joseph Paijen yang dapat mengenali bakat unik Raden Saleh. Kemudian ia mengajari menggambar dan melukis dan memungkinkan Raden Saleh dapat pergi ke Belanda dan menjadi terkenal seperti yang kita ketahui saat ini.

Tulisan ini berisi penelitan tentang sebuah proyek seni dalam pengembangan bakat didalam musik. Tentang sebuah band yang mencoba membuat sebuah demo/contoh lagu-lagu mereka untuk dikirim pada perusahaan rekaman musik. Dengan segala keterbatasan dan persoalan mereka untuk dapat menyelesaikan demo mereka.

Penulis melatih mereka untuk dapat rekaman sendiri, sebab setelah rekaman cukup lama disebuah studio ternyata kurang bagus atau boleh dikatakan buruk. Walaupun esensi dasar sebuah band untuk dapat maju dan berkembang telah mereka punyai, yaitu mampu menciptakan lagu yang bagus dan diterima pasar.

Tapi sebuah bakat saja ternyata tidak cukup. Untuk dapat membuat sebuah demo rekaman yang cukup baik mereka harus punya kemampuan bermain dan mengaransemen dengan baik dan hal itu bisa terwujud dengan meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan lagu-lagu mereka.

References

Hota A.K. 2001 Talent and Creativity, Sarup and son, New delhi, India, second edition.

Kadarusman, Dadang . 2010 Melampaui Keserakahan Seekor Nyamuk, Jakarta: Raih Asa Sukses.

Khatena, Joe and Nelly Khatena . 1999 Developing creative Talent in At; A Guide For Parents and Teachers, Connecticut: Stamford.

Strong, Jeff. 2009 Home Recording For Musicians For Dummies, Indianapolis : Whiley Publishing.

W. Bachtiar, Harsja & Peter B.R Carey & Onghokham. 2010 Raden Saleh, Anak Belanda, Mooi In die & Nasionalisme, Depok: Komunitas Bambu.

W. Gardner, John. 1994 Yang terbaik: menuju masyarakat berprestasi, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Published

2024-10-15

How to Cite

Sarim, S. . (2024). Kesenian dan Industri dalam Era Digital: Studi Kasus: Pengembangan Kreatifitas Musik melalui Perekaman Komputer. IMAJI, (6), 110–119. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/214

Issue

Section

Articles