Paradigma Sekolah Film: Dinamisasi Kurikulum Studi Khusus Program Studi D.3 Film

Authors

  • Subagyo Budisantoso Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

IKJ, FFTV-IKJ, kurikulum

Abstract

Salah satu hal penting yang menunjang keberhasilan sebuah lembaga pendidikan adalah kurikulum yang dibuat dan diterapkan. Tanpa kurikulum yang baik sebuah lembaga pendidikan tidak akan dapat menjalankan proses belajar dan mengajarnya dengan lancar. Kurikulum adalah acuan pembelajaran di lembaga pendidikan dan sarana promosi yang efektif. Program D-3 Film FFTV IKJ secara periodik selalu memperbaharui kurikulumnya berdasarkan pada kebutuhan ilmu pengetahuan, kebutuhan masyarakat (industri) dan kepentingan lembaga itu sendiri. Tujuannya utamanya adalah menghasilkan karya-karya film yang memenuhi standar kelayakan kualitas yang bersifat Nasional maupun Internasional.

References

Yusa Biran, Misbach, Sejarah Film 1900-1950; Bikin Film di Jawa, Jakarta, Komunitas Bambu, 2009

Pedoman Akademik Institut Kesenian Jakarta , 1982

Nasution, Asas-asas Kurikulum, Bumi Aksara, Jakarta, 2008

Direktorat Akademik, Paradigma Baru Pendidikan Tinggi Seni Indonesia, Jakarta, Ditjen Dikti, 2007

Buku Pedoman 77-79, Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta, 1977

Indrajit, R Eko dan R.Djokopranoto, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2006

Yayasan Kesenian Jakarta, 25 tahun Taman Ismail Jakarta, Jakarta, 1994

Kep Mendiknas RI No. 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar

Kep Mendikbud RI No. 006/U/1996 Tentang Kurikulum yang berlaku Nasional Program Diploma III Seni.

Published

2024-10-16

How to Cite

Budisantoso, S. . (2024). Paradigma Sekolah Film: Dinamisasi Kurikulum Studi Khusus Program Studi D.3 Film. IMAJI, 5(1), 1–8. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/233

Issue

Section

Articles