Paradigma Sekolah Film: Dinamisasi Kurikulum Studi Khusus Program Studi D.3 Film
Keywords:
IKJ, FFTV-IKJ, kurikulumAbstract
Salah satu hal penting yang menunjang keberhasilan sebuah lembaga pendidikan adalah kurikulum yang dibuat dan diterapkan. Tanpa kurikulum yang baik sebuah lembaga pendidikan tidak akan dapat menjalankan proses belajar dan mengajarnya dengan lancar. Kurikulum adalah acuan pembelajaran di lembaga pendidikan dan sarana promosi yang efektif. Program D-3 Film FFTV IKJ secara periodik selalu memperbaharui kurikulumnya berdasarkan pada kebutuhan ilmu pengetahuan, kebutuhan masyarakat (industri) dan kepentingan lembaga itu sendiri. Tujuannya utamanya adalah menghasilkan karya-karya film yang memenuhi standar kelayakan kualitas yang bersifat Nasional maupun Internasional.
References
Yusa Biran, Misbach, Sejarah Film 1900-1950; Bikin Film di Jawa, Jakarta, Komunitas Bambu, 2009
Pedoman Akademik Institut Kesenian Jakarta , 1982
Nasution, Asas-asas Kurikulum, Bumi Aksara, Jakarta, 2008
Direktorat Akademik, Paradigma Baru Pendidikan Tinggi Seni Indonesia, Jakarta, Ditjen Dikti, 2007
Buku Pedoman 77-79, Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta, 1977
Indrajit, R Eko dan R.Djokopranoto, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2006
Yayasan Kesenian Jakarta, 25 tahun Taman Ismail Jakarta, Jakarta, 1994
Kep Mendiknas RI No. 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar
Kep Mendikbud RI No. 006/U/1996 Tentang Kurikulum yang berlaku Nasional Program Diploma III Seni.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..