Melirik Sinematografi Sebagai Muatan Lokal

Authors

  • Budiman Akbar Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

mulok, sinematografi, kurikulum, perfilman

Abstract

Meskipun ditahun 2013 ini pemerintah akan memberlakukan sistem pendidikan yang berbeda dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebelumnya, tetapi dengan tetap mempertahankan mulok, setidaknya hal ini adalah peluang sebagai pintu masuk keilmuan sinematografi untuk diber- ikan di sekolah-sekolah, baik sekolah menengah pertama ataupun sekolah menengah atas. Hal ini guna menunjang pendidikan perfilman nasional pada khususnya dan produksi film pada umumnya. Oleh karenanya diperlukan kurikulum yang menyeluruh sebagai konsekuensi dari keinginan tersebut. Tidak adanya arahan dari sebuah visi perfilman nasional, menyebabkan manajerial pendidikan mulok sinematografi sepertinya terkesan tidak memiliki fungsi dan manfaat bagi perfilman. Apalagi ditambah dengan tidak adanya institusi perguruan tinggi yang melakukan penelitian secara konkrit, tentang standar kompetensi dan kompetensi dasar pendidikan mulok sinematografi, semakin memperkuat ketidapedulian dan ketidakseriusan para insan perfilman untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan perfilman nasional.

References

Arnheim, Rudolf. Film as Art, University of California Press, Berkeley and Los Angeles –California, 1957.

Bordwell, David and Kristin Thompson. History Film an Introduction, second edition, Mc Graw-Hill Higher Education – New York, 2003.

Bordwell, David and Kristin Thompson. Film Art an Introduction, eight edition, Mc Graw-Hill Higher Education – New York, 2008.

Galer, Mark. Essential Skill Digital Photography in Available Light, third edition, Focal Press is an imprint of Elsevier, Oxford, 2006.

Kodak. Guidelines for Better Photographic Composition, fotoinfo.com, 2003-2005.

Koran Jakarta Online 28 Januari 2013

Sisdiknas. Undang-Undang No. 20 tahun 2003

Sisdiknas. PP No.19 tahun 2005

UU No. 33 Tahun 2009 Tentang Perfilman

www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/12.ppt

Published

2024-10-16

How to Cite

Akbar, B. . (2024). Melirik Sinematografi Sebagai Muatan Lokal. IMAJI, 5(1), 9–22. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/234

Issue

Section

Articles