58 Tahun Film Animasi Indonesia: Film Animasi Indonesia Dalam Pertumbuhan

Authors

  • Gotot Prakosa Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

Animasi Indonesia, PFN, Si Unyil

Abstract

Sejarah Film Animasi Indonesia bagi para animator dunia dianggap begitu jelas, disamping Indonesia memiliki sejarah kebudayaan yang sangat kental. Seperti wayang dan candi-candi yang ada di pulau Jawa, semuanya memiliki gambar-gambar relief tradisional yang dianggap telah memiliki ‘hidup’, seperti visi film animasi secara umum.

Disamping itu tentu saja pengaruh perkembangan jaman dan teknologi yang meng-global, tentu memberikan perkembangan dan pertumbuhan tersendiri. Maka sejak masa lahirnya Negara Indonesia, dengan berbagai kekuasaan dan kebijakan Presidennya, juga menumbuhkan perkembangan tersendiri. Boleh dibilang pertumbuhan film animasi Indonesia jika dimulai dengan diciptakannya film animasi propaganda Si Doel Memilih, karya animator dan kartunis Dukut Hendronoto, kini boleh dicatat film animasi Indonesia telah berusia 58 tahun. Usia yang cukup umur untuk dijadikan acuan, semestinya perkembangannya sudah ke berbagai ranah. Baik ranah individu maupun ranah industrinya. Namun kenyataannya selalu meleset dari pertumbuhannya itu sendiri.

References

Bendazzi, Giannalberto, Cartoon 100 Year of Cinema, John Libey, United Kingdom, 1989.

Prakosa, Gotot, Animasi, Pengantar Film Animasi Indonesia, FFTV-IKJ Press dan Yayasan Seni Visual Indonesia. Jakarta. Cetakan Pertama September 2010.

Prakosa, Gotot Prakosa, Film Animasi Indonesia pada masa Reformasi (Tesis S-2 Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada), Jogjakarta 2004.

Stephenson, Ralph, The Animated Film, Focal Press, London, 1998.

Published

2024-10-16

How to Cite

Prakosa, G. . (2024). 58 Tahun Film Animasi Indonesia: Film Animasi Indonesia Dalam Pertumbuhan. IMAJI, 5(1), 37–47. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/237

Issue

Section

Articles