Pakaian Perempuan Dan Kesenangan Laki-Laki Dalam Iklan Axe 2012 End Of Girls (2012)

Authors

  • Kuspujiati Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

Iklan, kesenangan dalam melihat, sinema

Abstract

Media kita saat ini menampilkan image perempuan yang « sempurna », yang tentunya cantik, tinggi dan langsing. Perempuan telah menjadi « icon » dari iklan sekaligus menjadi « objek » menarik di dunia televisi dan film. Hingga pada akhirnya image perempuan seperti inilah yang membentuk pemikiran masyarakat umum. Ketika televisi dan film menstandarisasi ukuran kecantikan, maka perempuan-perempuan yang tidak memiliki atau tidak memenuhi kriteria tersebut, ia jauh dari kategori «cantik ». Pada kenyataannya, standarisasi kecantikan dalam film maupun televisi tidak muncul begitu saja, namun itu semua merupakan konstruksi dari dominasi laki-laki.

References

ARTHES Roland , Mythologies, Ed. du Seuil, Paris, 1970.

CASETTI Francesco, Les theories du cinéma depuis 1945, Nathan, Paris, 2003.

FLÜGEL J.C, Le rêveur nu de la parure vestimentaire, Aubier Montaigne, Paris, 1982.

FREUD Sigmund, Three Essays on the Theory of Sexuality, (1905) dans The Standard Edition of the Complete Psychological Works of Sigmund Freud, Hogarth Press, London, 1975.

METZ Christian, Le signifiant imaginaire : psychanalyse et cinéma, Union Génerale d’Editions, Paris, 1977.

MULVEY Laura, Visual Pleasure and Narrative Cinema, in Mandy MERCK, The Sexual Subject ; a Screen Reader in Sexuality, Routledge, London, 1992.

PRADIER Jean-Marie, Le bourdon et l’orchidée dans Le Téléspectateur face à la publicité : l’œil, l’oreille, le cerveau / Rencontres : Œil, cerveau et comportement du TV spectateur, Nathan, Paris, 1989.

Published

2024-10-16

How to Cite

Kuspujiati. (2024). Pakaian Perempuan Dan Kesenangan Laki-Laki Dalam Iklan Axe 2012 End Of Girls (2012). IMAJI, 5(1), 48–55. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/238

Issue

Section

Articles