Televisi sebagai Ideologi “Pembangun Karakter Bangsa”

Authors

  • Arturo Gunapriatna Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

Budaya pop, televisi, propaganda

Abstract

Televisi menjadi kekuatan baru, yang konon lahir karena kepentingan politik. Terutama juga menjadi senjata para penguasa dalam menanamkan ideologinya, semacam propaganda keberhasilan dalam membangun negara. Dalam kemampuan penonton yang semakin matang dalam menyerap setiap teks apapun, termasuk dalam era global yang sedang berlangsung dimana lahir berbagai karakter televisi, teks-teks populer (popular culture) semestinya sudah mulai menggantikan peran ideologi yang berbasis pada kekuasaan penguasa dalam teks-teks media.

References

Kitley, Philip ; Konstruksi Budaya Bangsa Di Layar Kaca, 2001; Lembaga Studi Pers & Pembangunan/ Institut Studi Arus Informasi dan PT.Media Lintas Inti Nusantara

Storey, John ; Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop, 2010; Jalasutra

Sen, Krishna & Hill, david T., Media, Culture and Politics in Indonesia (2007)

Published

2024-10-16

How to Cite

Gunapriatna, A. . (2024). Televisi sebagai Ideologi “Pembangun Karakter Bangsa”. IMAJI, 5(2), 56–58. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/239

Issue

Section

Articles