Televisi sebagai Ideologi “Pembangun Karakter Bangsa”
Keywords:
Budaya pop, televisi, propagandaAbstract
Televisi menjadi kekuatan baru, yang konon lahir karena kepentingan politik. Terutama juga menjadi senjata para penguasa dalam menanamkan ideologinya, semacam propaganda keberhasilan dalam membangun negara. Dalam kemampuan penonton yang semakin matang dalam menyerap setiap teks apapun, termasuk dalam era global yang sedang berlangsung dimana lahir berbagai karakter televisi, teks-teks populer (popular culture) semestinya sudah mulai menggantikan peran ideologi yang berbasis pada kekuasaan penguasa dalam teks-teks media.
References
Kitley, Philip ; Konstruksi Budaya Bangsa Di Layar Kaca, 2001; Lembaga Studi Pers & Pembangunan/ Institut Studi Arus Informasi dan PT.Media Lintas Inti Nusantara
Storey, John ; Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop, 2010; Jalasutra
Sen, Krishna & Hill, david T., Media, Culture and Politics in Indonesia (2007)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..