Mise-en-scene dalam Sang Penari-nya Ifa Isfansah

Authors

  • Zainal Abidin Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

Penataan dalam adegan, sinematografi, Ifa Isfansah

Abstract

Tinjauan kritis terhadap mise-en-scene dalam film Sang Penari arahan sutradara Ifa Isfansah merupakan pemaparan yang berisi kritik terhadap unsur-unsur di luar unsur sinematografis, yang meliputi unsur seni peran atau acting, pengemasan tata artistik dan unsur pencahayaan. Telaah kritis tersebut dinilai berdasarkan resepsi dan interpretasi penulis yang dikaitkan dengan beberapa teori mise-en-scene, yang berisi batasan dan indikasi-indikasi tentang bagaimana aspek mise-en-scene dapat diwujudkan secara maksimal dalam sebuah film.

Tulisan ini diawali dengan kajian tentang pentingnya optimalisasi mise-en-scene dalam film sekaligus menelaah relasi antara mise-en-scene dalam sebuah kreativitas pembuatan film. Kajian tersebut ditindaklanjuti dengan pemaparan seputar cerita dan konflik film Sang Penari yang ditegaskan dalam film dari scene awal hingga scene terakhir.

References

Himawan Pratista, Memahami Film, Yogyakarta: Homerian pustaka, 2008.

Booker, R, Lee, Terjemahan Asrul Sani, Acting For Film, Jakarta: Yayasan Citra, 1982.

Boggs, Joseph. M, Terjemahan Asrul Sani, Cara Menilai Sebuah Film, Jakarta: Yayasan Citra, 1986.

Pavis, Patrice, Terjemahan Yudiaryani, Languages of Stages. Essays in the Semiology of the Theatre, New York: Performing Arts Journal Publications, 1982.

Siagian, Gayus, Menilai Film, Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta, 2006.

Yudiaryani, Panggung Teater Dunia, Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli, 2000.

Published

2024-10-16

How to Cite

Abidin, Z. . (2024). Mise-en-scene dalam Sang Penari-nya Ifa Isfansah. IMAJI, 5(2), 67–74. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/241

Issue

Section

Articles