Model Alternatif Penggayaan Mise-en-scene Dalam Film Pion (2021)
DOI:
https://doi.org/10.52290/i.v14i1.103Keywords:
figur non-manusia, gaya, mise-en-sceneAbstract
Tulisan ini bermaksud untuk memperlihatkan temuan-temuan kritis terhadap penggayaan mise-en-scene dari karya yang dibuat oleh penulis yakni film Pion (2021). Penulis mencoba memakai desain artistik di luar konvensi umum film seperti model miniatur, atau objek sebagai tokoh yang menggantikan manusia sebagai model alternatif. Karena hal itu, tulisan ini akan mengarah kepada unit-unit bawahan mise-en-scene seperti setting, costume/make-up, staging: action and performance dan lighting. Lewat metode kualitatif, teori-teori yang dipakai adalah konsep mise-en-scene milik Bordwell, konsep diorama, dan hierarki komponen visual milik Arnheim. Akhirnya tulisan ini diharapkan menjadi bagian dari katalog estetis-praktis bagi pembuat film serta akademisi film.
References
Arnheim, Rudolf. Art and Visual Perception: A Psychology of the Creative Art. Ed. 2, California: University of California Press, 2004.
Bordwell, David, Thompson, Kristin dan Smith, Jeff. Film Art: An Introduction. Ed. 12, New York: McGraw-Hill, 2020.
Chinita, Fatima. “Roy Andersson’s Tableau Aesthetic: A Cinematic Social Space Between Painting and Theatre”. Acta Univ. Sapientiae, Film and Media Studies, 15, 2018, hal. 69–86.
Petho, Agnes. “The Photo-Filmic Diorama”. Theorizing Film Through Contemporary Art: Expanding Cinema. Amsterdam: Amsterdam University Press, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 IMAJI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..