Model Alternatif Penggayaan Mise-en-scene Dalam Film Pion (2021)

Authors

  • Ezra Tampubolon Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta
  • Hibatullah Billy Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v14i1.103

Keywords:

figur non-manusia, gaya, mise-en-scene

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk memperlihatkan temuan-temuan kritis terhadap penggayaan mise-en-scene dari karya yang dibuat oleh penulis yakni film Pion (2021). Penulis mencoba memakai desain artistik di luar konvensi umum film seperti model miniatur, atau objek sebagai tokoh yang menggantikan manusia sebagai model alternatif. Karena hal itu, tulisan ini akan mengarah kepada unit-unit bawahan mise-en-scene seperti setting, costume/make-up, staging: action and performance dan lighting. Lewat metode kualitatif, teori-teori yang dipakai adalah konsep mise-en-scene milik Bordwell, konsep diorama, dan hierarki komponen visual milik Arnheim. Akhirnya tulisan ini diharapkan menjadi bagian dari katalog estetis-praktis bagi pembuat film serta akademisi film.

Author Biographies

Ezra Tampubolon, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

seorang pengajar di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta dan terlibat di industri perfilman Indonesia sebagai penata artistik. Karyanya Tanah Surga... Katanya (2012), Jelita Sejuba: Mencintai Kesatria Negara (2018) and Bidadari Mencari Sayap (2020).

Hibatullah Billy, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

seorang pemuda yang berkelana dalam mimpi dan imajinasi. Saat ini aktif menjadi asisten dosen di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta.

References

Arnheim, Rudolf. Art and Visual Perception: A Psychology of the Creative Art. Ed. 2, California: University of California Press, 2004.

Bordwell, David, Thompson, Kristin dan Smith, Jeff. Film Art: An Introduction. Ed. 12, New York: McGraw-Hill, 2020.

Chinita, Fatima. “Roy Andersson’s Tableau Aesthetic: A Cinematic Social Space Between Painting and Theatre”. Acta Univ. Sapientiae, Film and Media Studies, 15, 2018, hal. 69–86.

Petho, Agnes. “The Photo-Filmic Diorama”. Theorizing Film Through Contemporary Art: Expanding Cinema. Amsterdam: Amsterdam University Press, 2020.

Published

2023-04-10

How to Cite

Tampubolon, E., & Billy, H. (2023). Model Alternatif Penggayaan Mise-en-scene Dalam Film Pion (2021). IMAJI, 14(1), 47–56. https://doi.org/10.52290/i.v14i1.103