Relasi Sintagmatik-Paradigmatik Christian Metz Dalam Adegan Apple Strudel Pada Film Inglourious Basterds (2009)

Authors

  • Diva Eureka Sekolah Pascasarjana, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v14i1.106

Keywords:

Christian Metz, bahasa film, sintagmatik, paradigmatik, Apple Strudel

Abstract

Adegan Apple Strudel dalam film Inglourious Basterds (2009) menggambarkan interaksi antara Kolonel Landa sebagai petinggi Nazi dengan Shosanna, gadis Yahudi yang menyamar sebagai orang Prancis bernama Emmanuele Mimieux. Adegan ini mampu menciptakan ketegangan kepada penonton karena shot-shot yang ada dalam adegan memiliki relasi sintagmatik dan paradigmatik dengan adegan sebelum dan setelahnya. Susu, Apple Strudel, krim, rokok dalam adegan Apple Strudel mampu membangun ketegangan karena unsur-unsur ini sudah dan akan muncul dalam film. Begitu pula dengan shot yang menggambarkan adegan Kolonel Landa mencium tangan Shosanna dan menancapkan puntung rokok di krim Apple Strudel serta saat mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada Shosanna, memiliki hubungan sintagmatik yang memberikan makna kepada penonton bahwa Kolonel Landa mencurigai dan berusaha membuka identitas asli Shosanna. Dalam teori yang disampaikan oleh Christian Metz mengenai bahasa film, shot dalam bahasa film tidak dimaknai secara denotatif melainkan memiliki makna konotatif. Shot tidak dianalogikan seperti kata, tetapi shot dianalogikan seperti kalimat yang memberikan sebuah makna. Shot-shot yang ada di dalam adegan Apple Strudel tidak hanya bermakna seperti yang terlihat saja, tetapi memiliki makna konotatif baik secara paradigmatik maupun sintagmatik. Apple Strudel memiliki makna penting ketika dihidangkan oleh Kolonel Landa sebagai petinggi Nazi kepada tokoh Shosanna sebagai orang Yahudi yang menyamar sebagai orang Prancis.

Author Biography

Diva Eureka, Sekolah Pascasarjana, Institut Kesenian Jakarta

Saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Pascasarjana, Institut Kesenian Jakarta.

References

Albright, Daniel. Panaesthetics: On the Unity and Diversity of the Arts. United Kingdom, Yale University Press, 2014.

Colman, Felicity. Film, Theory and Philosophy: The Key Thinkers. United Kingdom, Taylor & Francis, 2014.

Dragu, Magda. Form and Meaning in Avant-Garde Collage and Montage. United Kingdom, Taylor & Francis, 2020.

Roth, Lane. Film Semiotics, Metz, and Leone’s Trilogy. United Kingdom, Taylor & Francis, 2014.

Saussure, Ferdinand. Pengantar Linguistik Umum, terj. Rahayu S. Hidayat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.1988.

Tkaczyk, Viktoria. Thinking with Sound: A New Program in the Sciences and Humanities Around 1900. United States, University of Chicago Press.

FILM

Tarantino, Quentin. Inglourious Basterds. Universal Pictures. 2009

Eisenstein, Sergei. Battleship Pottemkin. Mosfilm. 1925

Published

2023-04-10

How to Cite

Eureka, D. (2023). Relasi Sintagmatik-Paradigmatik Christian Metz Dalam Adegan Apple Strudel Pada Film Inglourious Basterds (2009). IMAJI, 14(1), 13–25. https://doi.org/10.52290/i.v14i1.106