Desakralisasi (Dunia) Selebritas

Authors

  • Veven SP. Wardhana Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Abstract

Televisi sebagai salah satu mata rantai industri telah memainkan peran penting dalam mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Besarnya peranan media ini ternyata dapat juga kita amati dan berbagai perspektif, mulai dari perkembangan bentuk televisi yang menjadi tren masa kini hingga pergeseran program-program siarannya yang konon tak terpisahkan dari nilai-nilai komersial. Salah satu program siaran yang diangkat dalam tulisan ini adalah infotainment yang tampaknya memiliki nilai komoditi cukup besar bagi beberapa stasiun TV. Lewat uraian yang cukup serius namun tetap entertaining, tulisan ini mencoba menawarkan suatu perspektif mengenai cara kita menilai sebuah program acara, khususnya infotainment. Elemen-elemen pembentuk makna dalam infotainment coba dijelaskan melalui beberapa teori, salah satunya adalah dengan mengoperasikannya dengan teori perspektif linier dan sintetik (dari da Vinci dan Alberti) yang biasanya dipakai dalam membaca lukisan.

Published

2024-01-15

How to Cite

Wardhana, V. S. . (2024). Desakralisasi (Dunia) Selebritas. IMAJI, 1(4), 53–56. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/158

Issue

Section

Articles