Daya Tarik Visual Film Berjudul Miracle In Cell No. 7

Authors

  • Martinus Eko Prasetyo Program Studi DKV Film Fakultas Teknologi Desain Universitas Bunda Mulia
  • Theofilus Liu Program Studi DKV Film Fakultas Teknologi Desain Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v15i1.165

Keywords:

film, estetika visual, peran karakter

Abstract

Film sebagai media visual gambar bergerak untuk menyampaikan cerita, gagasan, atau pesan kepada audiens sebagai alat ekspresi artistik dan naratif. Secara artistik menampilkan elemen-elemen visual, seperti komposisi gambar, pencahayaan, warna, dan pengaturan visual lainnya, untuk mengekspresikan estetika dan keindahan artistik. Sedangkan secara naratif adalah pengungkapan jalan cerita, pengembangan karakter, dan informasi pesan kepada audiens. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis lebih dalam tentang isi film secara estetika, peran karakter, spectacle, elemen audio dan editing, komposisi angle kamera, dan keunikan film. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif, pencarian data-data langsung dengan menonton film berjudul Miracle In Cell No.7 yang diproduksi tahun 2013, dengan data-data penunjang daftar pustaka mengenai teori estetika visual, karakter, peranan karakter, spectacle, elemen audio, komposisi dan angle kamera. Hasil penelitian “Peranan Karakter Film Berjudul Miracle In Cell No.7” bahwa pentingnya daya tarik secara estetika, peran karakter, elemen audio dan editing, spectacle, komposisi angle & kamera, dan keunikan film dalam membangun emosi audiens yang begitu mendalam dan ini menjadi alasan bagaimana film ini sukses menghadirkan hiburan yang terus dibicarakan oleh audiens hingga hari ini. Penelitian ini menghasilkan pentingnya membuat daya tarik visual pada film secara estetika, peran karakter, elemen audio dan editing, spectacle, komposisi angle & kamera, dan keunikan film dalam membangun emosi audiens.

References

Abdullah, Farid. Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0. 2019, http://www.carahsoft.com/community/the-digital-government-americans-deserve.

Andersson, Barry. The DSLR Filmmaker’s Handbook: Real-World Production Techniques. 2015.

Bordwell, David, et al. “Film Art: Creativity, Technology, and Business.” Film Art: An Introduction, 2017.

Detik.com. “ Baca Artikel Detikhot, ‘“Miracle in Cell No. 7” Jadi Film Korea Terlaris 2013’ Selengkapnya Https://Hot.Detik.Com/Kpop/d-2290502/Miracle-in-Cell-No-7-Jadi-Film-Korea-Terlaris-2013. Download Apps Detikcom Sekarang Https://Apps.Detik.Com/Detik/.” Detikhot.Com, 2 July 2013.

Hilary Wyatt, and Tim Amyes. Audio Post Production For Television And Film. Focal Press, 1990.

Juwita, Ratih, and Sari. “Analisis Peran Perubahan Karakter Tokoh Utama Untuk Membangun Tahapan Tangga Dramatik dalam Film ‘Split’”. no. 2, 2020.

M.Ali Mursid Alfathoni, and Dani Manesah. Pengantar Teori Film. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2020.

Martinus Eko Prasetyo, Ricky. “Pengembangan Video Edukasi Lingkungan Bersih Di Pasar Teluk Gong Jakarta Utara.” Seni Nasional Cikini, vol. 2015, 2022, pp. 79–92, https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2i.179.

Martinus Eko Prasetyo, Zevri, Shierly Everlin. Perancangan Video Klip Profil Komunitas K-Pop Dance Invasion Dc Jakarta. no. 2, 2022, pp. 151–62.

Mudjiono, Yoyon. “Kajian Semiotika Dalam Film.” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 1, no. 1, 2011, pp. 125–38, https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138.

Pertama, Penulis, et al. “Perancangan Film Pendek Berjudul ‘Mudahnya Membaca’ Tentang Gerakan Literasi Nasional Pada Remaja.” Universitas Nusa Putra, vol. 01, 2023.

Prasetyo, Martinus Eko. “Kajian Komposisi Visual Pada Film Serial Netflix Drama Fiksi Ilmiah Berjudul the 100 Karya Jason Rothenberg.” Titik Imaji, vol. 4, no. 1, 2021, pp. 45–64, https://doi.org/10.30813/.v4i1.2802.

---. Kajian Visual Komposisi Simetris Dan Asimetris Fotografi Surreal Fashion Karya Natalie Dybisz. 2021, pp. 293–301, http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2920.

Sathotho, Surya Farid, et al. “Mise En Scène Film Nyai Karya Garin Nugroho”, Jurnal Kajian Sastra,No. 2, 2020, https://journal.isi.ac.id/index.php/TNL/article/view/4444/1908.

Wayan Diananto. “Miracle In Cell No. 7 Raih 4,2 Juta Penonton, Jadi Film Indonesia Terlaris Ke-8 Sepanjang Sejarah.” Liputan 6, 23 Sept. 2022.

Published

2024-03-31

How to Cite

Prasetyo, M. E., & Liu, T. (2024). Daya Tarik Visual Film Berjudul Miracle In Cell No. 7 . IMAJI, 15(1), 14–28. https://doi.org/10.52290/i.v15i1.165