Konsekuensi Representasi Propaganda Budaya dan Ideologi dalam Film

Authors

  • Maman Wijaya Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v12i2.47

Keywords:

Representation, Propaganda, Culture, Ideology, Film

Abstract

Merepresentasikan propaganda budaya dan ideologi memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekadar merepresentasikan pesan informatif. Artikel ini bertujuan untuk menelaah konsekuensi dari propaganda budaya dan ideologi jika direpresentasikan di dalam film. Pembahasannya bersifat kualitatif menggunakan data dari beberapa artikel film ditambah pengalaman Penulis dalam berinteraksi dengan para pembuat film, serta pengalaman menonton film bersama masyarakat. Kajiannya lebih dititikberatkan pada perspektif penonton awam yang tidak mengetahui teori semiotika. Hasilnya disimpulkan melalui lima konsekuensi, yaitu: (1) munculnya persepsi penonton yang berbeda dari yang diharapkan; (2) munculnya perbedaan perilaku penonton akibat dari perbedaan interpretasi terhadap representasi yang diterimanya; (3) dampak dari sifat komunikasi, yaitu pesan yang direpresentasikan dalam film bersifat irreversible; (4) munculnya anggapan bahwa dalam proses pembuatan film ada problem etika; dan (5) kesan totalitas isi film menjadi kabur akibat pesan ganda yang direpresentasikan.

 

Author Biography

Maman Wijaya, Universitas Pendidikan Indonesia

Doktor lulusan Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Indonesia.

References

Agustina, B. Analisis Semiotika Unsur-unsur Kebudayaan Palembang dalam Film Ada Surga Di Rumahmu. [FDK - Universitas Islam Negeri Raden Fatah] 2017. http://eprints.radenfatah.ac.id/1426/1/Belia Agustina 13530014.pdf

Akbar, K. M., Hanief, L., & Alif, M. Semangat Nasionalisme dalam Film (Analisis Isi Kuantitatif dalam Film Merah Putih). Jurnal ProTVF, Kajian Televisi Dan Film, Universitas Lambung Mangkurat, 1(2), 125–138, 2017 http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/download/19872/9069.

Ambarini, A., & Umaya, N. M. (2018). Semiotika Teori dan Aplikasi pada Karya Sastra. IKIP PGRI Press. http://eprints.upgris.ac.id/311/1/buku semiotika.pdf, 2018

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Aanalisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Universitas Al Azhar Indonesia, 1(2), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/327015-membaca-film-sebagai-sebuah-teks-analisi-0fcef4fb.pdf

Christina, & Yudhi, L. Representasi Film sebagai Diplomasi Budaya (Analisis Semiotika Barthes Film Me VS Mami sebagai Diplomasi Budaya Padang. UBM Jurnal, 65–104, 2017 https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/download/949/839

Elizabeth, R. Analisis Tema pada Film 1911 Karya Jackie Chan dan Film di Balik 98 Karya Lukman Sardi: Kajian Sastra Bandingan [Universitas Sumatra Utara] 2018. http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7456/130710019.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Eryanto, D. P. Ideologi Imperialisme dalam Film Transformers. Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro, 1–11. 2015. https://media.neliti.com/media/publications/187301-ID-pesan-propaganda-ideologi-imperialisme-d.pdf

Fatima, A. A. Representasi Nilai Kebangsaan dalam Film Soekarno (Analisis Semiotika John Fsike) [Institut Agama Islam Negeri Purwokerto] 2019. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5204/1/COVER _BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA .pdf

Herwendo, R. Analisis Semiotika Representasi Perilaku Masyarakat Jawa dalam Film Kala. Wacana, XIII(3), 230–245, 2014. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=808369&val=13180&title=ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI PERILAKU MASYARAKAT JAWA DALAM FILM KALA

Hidayatullah, N. A. REPRESENTASI KEKERASAN DALAM FILM “JAGAL” THE ACT OF KILLING ( ANALISIS SEMIOTIK ) [Institut Agama Islam Negeri Purwokerto]. 2016. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2279/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Mahmudi, M. A. Propaganda dalam Film (Analisis Teknik Propaganda Anti-Iran dalam Film Argo). Jurnal Komunikasi PROFETIK, 06(2), 83–96, 2013. https://media.neliti.com/media/publications/224300-propaganda-dalam-film-analisis-teknik-pr.pdf

Manesah, D. Representasi Perjuangan Hidup dalam Film “Anak Sasada” Sutradara Ponty Gea. Jurnal Proporsi, 1(2), 179–189, 2016. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/download/523/662

Mirnawati, Ali, N. H., & Zalpa, Y. Film dan Propaganda Politik (Studi atas Film “G-30S/PKI” dan “Jagal”). Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 19(2), 70–91, 2019. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/download/4470/2779

Mukarom, Z. Teori-Teori Komunikasi (A. I. Setiawan (ed.); 1st ed., Vol. 1 2020). Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/31495/1/ZM Book Teroi-teori Komunikasi.pdf

Prasetya, G. E. Peran Konflik dalam Membangun Karakter Tokoh Utama pada Film “Sultang Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta” [Institut Seni Indonesia Yogyakarta 2020]. http://digilib.isi.ac.id/8364/3/JURNAL_1510750032.pdf

Pratiwi, J. . “Depth of Field (II) –Sebuah Telaah Ideologis Ruang Ketajaman: Studi Kasus Terhadap Film Roma (2018)”. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, vol. 11, no. 2, Feb. 2020, pp. 4-12, https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/8.

Puspasari, C., Masriadi, & Yani, R. Representasi Budaya dalam Film Salawaku. Jurnal Ilmu Komunikasi - Jurnalisme, Universitas Malikussaleh, 9(1), 18–37, 2020. https://ojs.unimal.ac.id/jurnalisme/article/view/3097/pdf

Rahardjo, D. D. F. Representasi Budaya Populer dalam Film “Slank Nggak ada Matinya” Karya Fajar Bustomi. EJurnal Ilmu Komunikasi - FISIP Unmul, 4(3), 344–358, 2016. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/08/Artikel Jurnal Upload Dwi (08-23-16-04-56-33).pdf

Wibawa, B. . “Problem Etika Dalam Kasus Dokumenter Jagal (2012) Dan Senyap (2014)”. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, vol. 11, no. 2, Feb. 2020, pp. 38-50, https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/12.

Published

2021-07-31

How to Cite

Wijaya, M. (2021). Konsekuensi Representasi Propaganda Budaya dan Ideologi dalam Film. IMAJI, 12(2), 54–61. https://doi.org/10.52290/i.v12i2.47