Warna dalam Dunia Visual

Authors

  • Dedih Nur Fajar Paksi Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v12i2.49

Keywords:

Color, Expression and Meaning

Abstract

Kehidupan sehari-hari menghadirkan sebuah pandangan sebagai pembelajaran dari apa yang dialami dan dilihat. Apa yang dilihat belum tentu juga dapat dikenali dengan baik, dan kemudian diperhatikan sebagai satu pemikiran. Warna merupakan bagian kehidupan manusia sejak lahir, mata merupakan bagian pertama yang mampu melihat dan memproses bentuk pengirim sinyal getaran yang kemudian membuat kita dapat mengenali nama warna sampai psikologi warna sebagai pemakna dari warna itu sendiri. Seni yang berkaitan dengan rupa warna seperti seni rupa, fotografi dan film tidak akan lepas dari bagaimana warna dapat diterjemahkan ke dalam ruang ekspresi. Proses sistem rekam dari akumulasi memori visual menjadi penentu pengalaman visual berkembang dan memiliki makna tersirat.

 

Author Biography

Dedih Nur Fajar Paksi, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Dosen di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.

References

Allen, Keith. A Naïve Realist Theory of Colour. New York: Oxford University Press, 2016.

Bellantoni, Patti. If Its Purple Someones Gonna Die the Power of Color in Visual Storytelling, New York: Focal Press, 2013.

Crone, Robert A. A History of Color: The Evolution of Theories of Lights and Colour. Kluwer: Academic Publishers, 2000.

Misek, Richard. Chromatic Cinema; A History of Screen Color. Chichester: Wiley-Blackwell, 2010.

Sherin, Aaris. Design Elements: Color Fundamentals. Beverly: Rockport Publishers, 2012.

Snijders, Adelbert. Manusia dan Kebenaran.Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Published

2021-07-31

How to Cite

Fajar Paksi, D. N. (2021). Warna dalam Dunia Visual. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 12(2), 90–97. https://doi.org/10.52290/i.v12i2.49