Representasi Nasionalisme Dalam Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018)

Authors

  • Muhammad Ilham Aziz UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v12i3.56

Keywords:

Representasi Nasionalisme, Film Sultan Agung, Semiotika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis film “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta” dengan kajian semiotika Charles Sanders Pierce. Semiotika merupakan metode atau ilmu yang digunakan untuk mengkaji tanda. Semiotika Charles Sanders Pierce yang digunakan dalam tulisan ini berorientasi pada model triangle meaning yang terdiri atas: Sign, Object, dan Interpretant. Penulis akan memilih potongan adegan yang merepresentasikan tentang nasionalisme dengan analisis triangle meaning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nasionalisme dalam film tersebut. Penulis mengambil tema nasionalisme karena semangat dan cinta Raja Mataram terhadap rakyat dan generasinya di masa mendatang sudah dipikirkan secara matang-matang. Sehingga perlu adanya sebuah kajian deskriptif analisis untuk memperlihatkan semangat nasionalisme yang diusung oleh Sultan Agung dalam mempertahankan Kerajaan Mataram Islam dari para penjajah Belanda. Representasi film ini terhadap nasionalisme dalam tulisan ini dikaji menggunakan metode kualitatif dan analisis semiotik sebagai pendekatannya. Hasil dari penelitian ini: Pertama, representasi nasionalisme film ini ditunjukkan dengan sikap tegas seorang pemimpin untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya dari para penjajah Belanda. Kedua, representasi nasionalisme ditunjukkan melalui perlawanan terhadap para penjajah yang akan merugikan rakyat dan memperburuk kehidupan generasinya di masa mendatang. Ketiga, representasi nasionalisme diinterpretasikan dengan mengajarkan nilai-nilai luhur kepada generasi muda.

References

Abimanyu, Soedjipto. Kitab Terlengkap Sejarah Mataram: Seluk-Berdirinya Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Yogyakarta, Jakarta: Saufa, 2015.

Ardianto, Elvinaro & Q-Anees, Bambang. Filsafat Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

De Graff, H.J. Puncak Kekuasaan Mataram: Politik Ekspansi Sultan Agung, Jakarta: Pustaka Grafitipers, 1990.

Hamka. Sejarah Umat Islam IV, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Kriyantono, Rahmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Surabaya: Media Group Kencana Prenada, 2006.

Kurniawan. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Indonesia, 2001.

Rahayu, Minto. Pendidikan Kewarganegaraan: Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa. Jakarta: Grasindo, 2007.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

JURNAL

Murod, Abdul Choliq. Nasionalisme dalam Perspektif Islam. Jurnal Sejarah Citra Lekha, Vol XV, No 2, 2011. p 45-58, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/cilekha/article/view/5039.

Nugroho, Bayu Putra Utama dan Catur. Representasi Nasionalisme dalam Film Biografi Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Nasionalisme dalam Film Jendral Soedirman. Jurnal e-Proceding of Management: Vol.4, No. 2 Agustus. 2017, pp 1, https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/135374/jurnal_eproc/representasi-nasionalisme-dalam-film-biografistudi-analisis-semiotika-roland-barthes-mengenal-nasionalisme-dalam-film-jendral-soedirman.pdf.

Yuwita, Nurma. Representasi Nasionalisme dalam Film Rudy Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Vol. 6, No 1, Januari 2018, pp 47, https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/view/1565/1249.

Published

2021-12-17

How to Cite

Muhammad Ilham Aziz. (2021). Representasi Nasionalisme Dalam Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018). IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 12(3), 104–111. https://doi.org/10.52290/i.v12i3.56