Analisis Arah Cahaya Dalam Studio Fotografi

Authors

  • Sigit Setya Kusuma Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v13i2.78

Keywords:

fotografi, arah cahaya, studio fotografi

Abstract

Cahaya dalam fotografi merupakan elemen terpenting karena fotografi itu sendiri berarti melukis cahaya. Selain membuat sebuah objek dapat ditangkap menggunakan kamera, cahaya dapat menghadirkan nuansa yang berbeda-beda. Dalam studio fotografi, cahaya adalah sebuah elemen inti untuk mendukung proses pemotretan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari arah cahaya dari satu lampu terhadap sebuah objek dalam studio fotografi. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini menjelaskan hasil dari eksplorasi penggunaan satu lampu dalam studio fotografi dengan arah yang berbeda-beda terhadap sebuah objek yaitu batu bata. Dari delapan sudut cahaya yaitu 0º, 45º, 90º, 135º, 180º, 225º, 270º, dan 315º hanya terdapat 5 (lima) sudut yang menghasilkan arah pencahayaan yang berbeda terhadap objek yaitu sudut 0º-180º. Kelima arah tersebut merupakan representasi dari teknik front light, rembrant light, side light, rim light dan back light.

Author Biography

Sigit Setya Kusuma, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

Sigit Setya Kusuma, saat ini aktif sebagai pengajar mata kuliah fotografi di Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan

References

Apriyanto, I. & Fajar, M. Membaca Fotografi Potret. Gama Media, 2012.

Azwar, S. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar, 1998.

Barnbaum, B. The art of photography: a personal approach to artistic expression. Rocky Nook, 2017.

Calder, J. The 35mm Photographer’s Hanbook. Pan Book Ltd, 1990.

Caturiyanto, S. T. Fotografi prewedding Karya Johnny Hendarta: Kajian Estetika, Pascasarjana ISI Surakarta (belum dipublikasikan), 2010.

“Fotografi.” KBBI, https://kbbi.web.id/fotografi.

IDS. Arti Fotografi Menurut Para Ahli. International Design School Education, 2015, https://idseducation.com/articles/foto grafi-menurut-para-ahli/.

O’Toole, Erin. No Democracy in Quality: Ansel Adams, Beaumont and Nancy Newhall, and the Founding of the Department of Photographs at the Museum of Modern Art (PhD). University of Arizona, 2010.

“Photography.” Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Photography.

Sadono, S. Komposisi fotografi. Penerbit PT Alex Media Komputindo, 2015.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, 2015.

Published

2022-07-31

How to Cite

Kusuma, S. S. (2022). Analisis Arah Cahaya Dalam Studio Fotografi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 13(2), 144–152. https://doi.org/10.52290/i.v13i2.78