Film Ala Lumiere dan Sokurov : Pionir dan Respons Kreatif

Authors

  • Bambang Supriadi Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v14i3.129

Keywords:

lumière, sokurov, cinématographe, one/single shot

Abstract

Tulisan ini mengkaji kiprah Lumière dan Sokurov dalam sejarah sinema dengan fokus pada pendekatan, metode, dan sudut pandang penulis. Analisis mendalam dilakukan terhadap inovasi teknologi, seperti Cinématographe karya Lumière dan eksplorasi Sokurov terhadap teknologi digital dengan konsep one/single shot, untuk mengungkapkan bagaimana perubahan teknologi membentuk narasi sinematik. Penulis menganggap bahwa Lumière dan Sokurov, meskipun berbeda, memiliki tujuan serupa dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman sinematik yang mendalam, memengaruhi emosi, dan merangsang pemikiran penonton. Kajian ini tidak hanya menyoroti perkembangan teknologi dalam sejarah sinema, tetapi juga menjelajahi bagaimana pilihan teknologi mencerminkan pandangan estetis dan filosofis masing-masing sutradara. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan wawasan komprehensif tentang dampak evolusi teknologi dalam seni sinematik melalui kontribusi yang dilakukan oleh Lumière dan Sokurov.

Author Biography

Bambang Supriadi, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Seorang sinematografer senior di Indonesia. Ia juga merupakan sutradara, produser, dan dosen senior di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta. Ia sempat mengenyam pendidikan audio visual di negeri kincir angin, Belanda. Bambang pernah beberapa kali tercatat sebagai Penata Kamera Terbaik Festival Sinetron Indonesia. Selain itu, pada tahun 2006 ia terdaftar sebagai nominasi Penata Sinematografi Terbaik Festival Film Indonesia dalam film Detik Terakhir. Lalu pada tahun 2012, ia dinominasikan sebagai Penata Kamera Terpuji Festival Film Bandung dalam film Hafalan Shalat Delisa.

References

Beumers, B. (2016). Aleksandr Sokurov: Russian Ark. Intellect University Chicago.

Bordwell, D., & Thompson, K. (2011). Film Art: An Introduction (9th ed.). McGraw-Hill.

Ebert, R. (n.d.). Russian Ark. https://www.rogerebert.com/reviews/russian-ark-2003

Koepnick, L. (2017). The Long Take: Art Cinema and the Wondrous. University of Minnesota Press.

Russkiy, K. (2008, March). Russian Ark. http://www.sensesofcinema.com/2008/cteq/russian-ark/

Russkiy, K. (n.d.). Russian Ark. https://europeanfilmawards.eu/en_EN/film/russian-ark.5722

Parkinson, D. (2012). History of Film. Thames and Hudson.

Published

2023-12-18

How to Cite

Supriadi, B. (2023). Film Ala Lumiere dan Sokurov : Pionir dan Respons Kreatif . IMAJI, 14(3), 216–229. https://doi.org/10.52290/i.v14i3.129