Industri Media Dan Pendidikan Sebuah Pengamatan Dilematis

Authors

  • Gerzon Ron Ayawaila Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

industri media, industri kreatif dan pendidikan

Abstract

Tumbuhkembangnya media berikut industrinya di Indonesia dapat diakui semakin semarak. Pengaruhnya pun terasa dan terlihat pada pergeseran nilai yang terjadi dalam pola berpikir dan gaya hidup masyarakat. Budaya media sudah meresap kedalam kebutuhan keseharian masyarakat yang dianggap haus akan informasi dan hiburan. Pertumbuhan ini diikuti dengan tumbuhnya sejumlah besar institusi pendidikan film dan televisi yang kebanyakan berkumpul di pulau Jawa. Tentunya pertumbuhan industri kreatif ini dapat menunjang rencana jangka panjang pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Akan tetapi berkembangnya industri media bagian dari industri kreatif, tidak selalu membawa hikmah dan berkah bagi lapisan masyarakat yang terlibat, sebagai publik media. Dipihak lain dari sisi para kreator, penggiat televisi, sineas film yang berfungsi sebagai distributor karya cipta kepada industri media, juga mengalami ketidak seimbangan antara kontribusi dan imbalan pendapatan, hingga soal hak azasinya didalam ranah hukum.

References

Barker, Chris 2000: “Cultural Studies; teori dan praktek” (terjemahan: Cultural Studies; Theory and Practice). PT Bentang Pustaka, Yogyakarta

Burton, Graeme 2000: “Membincangkan Televisi;sebuah pengantar kepada studi televisi”. (terjemahan: Talking Television: An Introduction to The Study Talk Television.) Jalasutra, Yogyakarta.

Burton, Graeme 1999: “Media dan Budaya Populer” (terjemahan: Media and Popular Culture). Jalasutra, Yogyakarta.

Danesi, Marcel 2004: “Pesan, Tanda, dan Makna” (terjemahan: Messages, Signs, and Menings. Canadian Scholars’ press Inc.) Jalasutra, Yogyakarta.

Holmes, David 2005: “ Teori Komunikasi; Media, Teknologi dan Masyarakat” ( terjemahan: Communication Theory; Media, Technology, and Society). Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kellner, Douglas 1995:“Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik; Antara Modern dan Postmodern” (terjemahan: Media Culture: Cultural Studies, Identity and Politics betweeen the Modern and Postmodern) Jalasutra, Yogyakarta.

Strinati, Dominic 1995 : “Popular Culture: An Introduction to Theories of Popular Culture” Routledge, London.

Heryanto, Ariel (ed) 2012: “ Budaya Populer di Indonesia; Mencairnya Identitas Pasca Orde Baru “. Jalasutra Yogyakarta

Hollows, Joanne 2000: “Feminisme, Femininitas & Budaya Populer” (terjemahan : Feminism, Femininity, and Popular Culture. Manchester University Press) Jalasutra, Yogyakarta.

Published

2024-10-16

How to Cite

Ayawaila, G. R. (2024). Industri Media Dan Pendidikan Sebuah Pengamatan Dilematis. IMAJI, 5(1), 29–36. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/236

Issue

Section

Articles