Proses Fotografi di antara Jepret dan Jadi: Studi Kasus Tiga Genre Fotografi
DOI:
https://doi.org/10.52290/i.v13i2.64Keywords:
intervensi fotografi, proses fotografi, teori fotografiAbstract
Begitu mudahnya fotografi digunakan sehingga perbincangan fotografi pun seolah-olah terhenti pada permasalahan proses jepret dan jadi. Penelitian ini ditujukan untuk meluaskan wacana perbincangan fotografi tidak hanya pada proses jepret dan jadi. Padahal permasalahan fotografi di antara jepret dan jadi, dapat ditelusuri perihal proses intervensi imaji fotografi lanjutan, dengan cara membahas perihal studi kasus tiga genre fotografi, dengan menilik proses kimiawi maupun proses digital. Dengan mengukuhkan pemotret sebagai spektator pertama, didapatkan pemahaman bahwa penggunaan teori fotografi yang lebih condong pada pembahasan fotografi sebagai spektator pun dapat digunakan dalam proses intervensi imaji fotografi lanjutan. Pemahaman ini membuka dan meluaskan penggunaan teori fotografi dalam proses pengkaryaan fotografi sejauh apa yang mampu dipelajari dan dipahami secara rinci oleh pemotret.
References
Buku
Ajidarma, Seno Gumira. Kisah Mata. Fotografi Antara Dua Subyek : Perbincangan Tentang Ada. Galang Press, 2005.
Ajidarma, Seno Gumira. Kisah Mata. Fotografi Antara Dua Subyek : Perbincangan Tentang Ada. Edisi 2. Galang Press, 2016.
Hoy, Frank P. Photojournalism: The Visual Approach. New Jersey, Prentice -Hall, 1986, https://archive.org/details/photojournalismv0000hoyf/page/n7/mode/2up?view=theater. Diakses pada 8 Januari 2022.
Parry, Eugenia. Joel-Peter Witkin. London, Phaidon Press, 2007.
Sontag, Susan. Against Interpretations. Against Interpretations and other essays, Picador, 1966.
Sontag, Susan. On Photography (Penguin Modern Classics). Penguin, 2002.
Jurnal
Hakim, Amran Malik. Tinjauan Dua Proses Karya Fotografi yang Melibatkan Individu dengan Autism Spectrum Disorder: “Interaksi Subjektif Dalam Fotografi (Melihat Kehidupan Individu Autis Dari Sudut Pandang Fotografi)” dan “Soul of Autism.” Membingkai Realitas melalui Imaji Visual, vol. 12, no. 3, 2021, pp. 144-158. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi & Media Baru, https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI. Diakses pada 21 Januari 2022.
Soares, Camila Mangueira, dan Fabrício Fava. Photography through the process files: reflections on the publication of the contact sheets. PORTO ARTE Revista de Artes Visuais, vol. 22, no. 36, December 2017, p. 43, https://www.researchgate.net/publication/323925809_Photography_through_the_process_files_reflections_on_the_publication_of_the_contact_sheets. Diakses pada 18 Januari 2022.
Sarkonak, Ralph. Roland Barthes and the Spectre of Photography. L’Esprit Créateur, vol. 22, no. 1, 1982, pp. 44-48. Roland Barthes and the Spectre of Photography on JSTOR, http://www.jstor.org/stable/26283930. Diakses pada 18 Januari 2022.
Supriyanta. Realitas Obyektif Imaji Fotografi. Imaji, vol. 12, no. 3, 2021, pp. 132 - 143. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi dan Media Baru, https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI. Diakses pada 21 Januari 2022.
Web
Jewish Virtual Library. Joel-Peter Witkin. https://www.jewishvirtuallibrary.org/joel-peter-witkin. Diakses pada 20 Januari 2022.
Film
Arte France, KS Visions , dan Le Centre National De La Photographie, director. Contacts 1 La Grande Traditions Du Photo-Reportage: Henri Cartier-Bresson. Arte France Développement - Avec La Participation Du Ministère Des Affaires Étrangères, 2000, disc 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 IMAJI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..