Proses Fotografi di antara Jepret dan Jadi: Studi Kasus Tiga Genre Fotografi

Authors

  • Moelyono Rahardjo Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v13i2.64

Keywords:

intervensi fotografi, proses fotografi, teori fotografi

Abstract

Begitu mudahnya fotografi digunakan sehingga perbincangan fotografi pun seolah-olah terhenti pada permasalahan proses jepret dan jadi. Penelitian ini ditujukan untuk meluaskan wacana perbincangan fotografi tidak hanya pada proses jepret dan jadi. Padahal permasalahan fotografi di antara jepret dan jadi, dapat ditelusuri perihal proses intervensi imaji fotografi lanjutan, dengan cara membahas perihal studi kasus tiga genre fotografi, dengan menilik proses kimiawi maupun proses digital. Dengan mengukuhkan pemotret sebagai spektator pertama, didapatkan pemahaman bahwa penggunaan teori fotografi yang lebih condong pada pembahasan fotografi sebagai spektator pun dapat digunakan dalam proses intervensi imaji fotografi lanjutan. Pemahaman ini membuka dan meluaskan penggunaan teori fotografi dalam proses pengkaryaan fotografi sejauh apa yang mampu dipelajari dan dipahami secara rinci oleh pemotret.

 

Author Biography

Moelyono Rahardjo, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Moelyono Rahardjo, Lahir di Semarang, 1979. Menggemari dunia fotografi, desain, dan buku sejak remaja. Meraih gelar sarjana pada Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Trisakti (2001) dan menyelesaikan magister Studi Pengkajian Seni Urban, Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (2019). Selain aktif terlibat dalam berbagai kegiatan profesi, dan organisasi, saat ini juga berkesibukan sebagai pengajar. Pengalaman dalam kegiatan profesi serta pengamatan keseharian menjadi inspirasinya untuk dibagikan di ruang kelas bersama para mahasiswanya. Saat ini ia terlibat dalam kegiatan penelitian Seni Urban. Keinginannya untuk meneliti berangkat dari keyakinan bahwa, “Jika semua sibuk berkarya, siapa yang akan mengamati dan mencatat perubahan?”. Hingga saat ini, ia masih terus mengasah diri dalam kegiatan kepenulisan.

References

Buku

Ajidarma, Seno Gumira. Kisah Mata. Fotografi Antara Dua Subyek : Perbincangan Tentang Ada. Galang Press, 2005.

Ajidarma, Seno Gumira. Kisah Mata. Fotografi Antara Dua Subyek : Perbincangan Tentang Ada. Edisi 2. Galang Press, 2016.

Hoy, Frank P. Photojournalism: The Visual Approach. New Jersey, Prentice -Hall, 1986, https://archive.org/details/photojournalismv0000hoyf/page/n7/mode/2up?view=theater. Diakses pada 8 Januari 2022.

Parry, Eugenia. Joel-Peter Witkin. London, Phaidon Press, 2007.

Sontag, Susan. Against Interpretations. Against Interpretations and other essays, Picador, 1966.

Sontag, Susan. On Photography (Penguin Modern Classics). Penguin, 2002.

Jurnal

Hakim, Amran Malik. Tinjauan Dua Proses Karya Fotografi yang Melibatkan Individu dengan Autism Spectrum Disorder: “Interaksi Subjektif Dalam Fotografi (Melihat Kehidupan Individu Autis Dari Sudut Pandang Fotografi)” dan “Soul of Autism.” Membingkai Realitas melalui Imaji Visual, vol. 12, no. 3, 2021, pp. 144-158. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi & Media Baru, https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI. Diakses pada 21 Januari 2022.

Soares, Camila Mangueira, dan Fabrício Fava. Photography through the process files: reflections on the publication of the contact sheets. PORTO ARTE Revista de Artes Visuais, vol. 22, no. 36, December 2017, p. 43, https://www.researchgate.net/publication/323925809_Photography_through_the_process_files_reflections_on_the_publication_of_the_contact_sheets. Diakses pada 18 Januari 2022.

Sarkonak, Ralph. Roland Barthes and the Spectre of Photography. L’Esprit Créateur, vol. 22, no. 1, 1982, pp. 44-48. Roland Barthes and the Spectre of Photography on JSTOR, http://www.jstor.org/stable/26283930. Diakses pada 18 Januari 2022.

Supriyanta. Realitas Obyektif Imaji Fotografi. Imaji, vol. 12, no. 3, 2021, pp. 132 - 143. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi dan Media Baru, https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI. Diakses pada 21 Januari 2022.

Web

Jewish Virtual Library. Joel-Peter Witkin. https://www.jewishvirtuallibrary.org/joel-peter-witkin. Diakses pada 20 Januari 2022.

Film

Arte France, KS Visions , dan Le Centre National De La Photographie, director. Contacts 1 La Grande Traditions Du Photo-Reportage: Henri Cartier-Bresson. Arte France Développement - Avec La Participation Du Ministère Des Affaires Étrangères, 2000, disc 1.

Published

2022-07-31

How to Cite

Rahardjo, M. (2022). Proses Fotografi di antara Jepret dan Jadi: Studi Kasus Tiga Genre Fotografi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 13(2), 126–143. https://doi.org/10.52290/i.v13i2.64