Fungsi Karakter untuk Menyampaikan Pesan Pendidikan Dalam Naratif Film Jagat Raya (2020)

Authors

  • Hanief Jerry Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v13i1.71

Keywords:

edukasi, karakterisasi, pengajaran

Abstract

Sebagai sebuah perwakilan manusia di dalam realita, karakter mencerminkan sifat, tindakan, respon dan komunikasi yang serupa. Karena itu film dan karakter-karakternya menjadi refleksi terhadap segala yang manusia lakukan di dalam realita sehari-hari. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana refleksi karakter-karakter film dapat menjadi sebuah pembelajaran antara sistem edukasi dan penggiat edukasi di dalamnya. Menggunakan landasan filosofi edukasi, dan karakterisasi terhadap film yang hendak di analisa yakni film pendek berjudul Jagat Raya (2020). Segala hasil yang akan dipaparkan berupaya menggambarkan refleksi ideal dari pendidikan yang tertanam di institusi masyarakat hari ini.

 

Author Biography

Hanief Jerry, Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Seorang pengajar dan sutradara film. Saat ini sedang menjabat sebagai Dekan Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta periode 2020-2024. Selain itu ia juga acapkali didaulat menjadi juri antara lain pada perhelatan Festival Film Indonesia 2015 (FFI 2015 versi Dokumenter Panjang dan Dokumenter Pendek), serta The International Association of Film and Television Schools CILECT (Kategori Dokumenter).

References

DAFTAR BUKU

Bal, Mieke. Narratology: Introduction to the Theory of Narrative. Toronto: University of Toronto Press, 1997.

Blacker, Irwin R. The Elements of Screenwriting: A Guide for Film and Television Writing. New York: Macmillan, 1996.

Cowgill, Linda J. The Art of Plotting: Add Emotion, Suspense and Depth to Your Screenplay. California: Lone Eagle, 2007.

Howard, David, dan Mabley, Edward. The Tools of Screenwriting. New York: St. Martin’s Press, 1995.

Hussain, Muhammad Athar., Bhatti, Rahmatullah., Tufail, Mubeshera., dan Rashid, Farkhanda. Philosophy of Education. Islamabad: Allama Iqbal Open University, 2017.

FILMOGRAFI

Sofyansyah. Andri. Jagat Raya. 2020. Fakultas Film dan Televisi, IKJ & Bidang Tata Kelola, Direktorat SMA Kemendikbud Republik Indonesia (https://www.youtube.com/watch?v=XbiTsbjFjuQ&t=1112s)

Published

2022-03-31

How to Cite

Jerry, H. (2022). Fungsi Karakter untuk Menyampaikan Pesan Pendidikan Dalam Naratif Film Jagat Raya (2020). IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.52290/i.v13i1.71