Peran Still Photographer dalam Ruang Lingkup Pembuatan Film

Authors

  • Ferdiansyah Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v14i2.127

Keywords:

still photographer, genre fotografi, foto cerita, denotasi-konotasi

Abstract

Pesan dari sebuah imaji fotografi yang digunakan dalam poster film dan pendekatan genre fotografi irisannya sudah mulai tipis. Pembahasan still photography dalam film ternyata bersinggungan dengan ketiga genre besar fotografi. Walaupun ada nilai dari kontrak yang disepakati, tetapi secara garis besar pekerjaan ini berada di ranah fotografi cerita. Para still photographer juga bisa bereksperimen dengan berbagai type of shot, komposisi, dan pencahayaan, dalam konteks penekanan dari imaji tersebut, sehingga di dalamnya terdapat pembacaan dari foto satu ke foto lainnya, yang dapat dibahas lewat pemaknaan denotasi dan konotasi.

Author Biography

Ferdiansyah, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Fotografer berpengalaman dengan sejarah kerja di industri produksi media. Saat ini aktif mengajar di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta dan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

References

Buku

Ajidarma, Seno Gumira. Kalacitra. Gang Kabel, 2022.

Barthes, Roland. Imaji Music Teks, terj. Agustinus Hartono. Jalasutra, 2010.

Barthes, Roland. Mythologies, terj. Nurhadi & A. Sihabul Millah. Kreasi Wacana, 2011.

Wijaya, Taufan. Photo Story Handbook. Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Wijaya, Taufan. Literasi Visual. Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Jurnal

Vasthi, Nayla Almira & Virginia Suryani Setiadi. Analisis Elemen Visual Pada Poster Film ‘Gundala’ 2019, Prodising Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020. https://ojs.uph.edu/index.php/KOMA-DKV/article/download/2995/pdf

Published

2023-07-31

How to Cite

Ferdiansyah. (2023). Peran Still Photographer dalam Ruang Lingkup Pembuatan Film. IMAJI, 14(2), 118–129. https://doi.org/10.52290/i.v14i2.127