Peran Still Photographer dalam Ruang Lingkup Pembuatan Film
DOI:
https://doi.org/10.52290/i.v14i2.127Keywords:
still photographer, genre fotografi, foto cerita, denotasi-konotasiAbstract
Pesan dari sebuah imaji fotografi yang digunakan dalam poster film dan pendekatan genre fotografi irisannya sudah mulai tipis. Pembahasan still photography dalam film ternyata bersinggungan dengan ketiga genre besar fotografi. Walaupun ada nilai dari kontrak yang disepakati, tetapi secara garis besar pekerjaan ini berada di ranah fotografi cerita. Para still photographer juga bisa bereksperimen dengan berbagai type of shot, komposisi, dan pencahayaan, dalam konteks penekanan dari imaji tersebut, sehingga di dalamnya terdapat pembacaan dari foto satu ke foto lainnya, yang dapat dibahas lewat pemaknaan denotasi dan konotasi.
References
Buku
Ajidarma, Seno Gumira. Kalacitra. Gang Kabel, 2022.
Barthes, Roland. Imaji Music Teks, terj. Agustinus Hartono. Jalasutra, 2010.
Barthes, Roland. Mythologies, terj. Nurhadi & A. Sihabul Millah. Kreasi Wacana, 2011.
Wijaya, Taufan. Photo Story Handbook. Gramedia Pustaka Utama, 2016.
Wijaya, Taufan. Literasi Visual. Gramedia Pustaka Utama, 2018.
Jurnal
Vasthi, Nayla Almira & Virginia Suryani Setiadi. Analisis Elemen Visual Pada Poster Film ‘Gundala’ 2019, Prodising Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020. https://ojs.uph.edu/index.php/KOMA-DKV/article/download/2995/pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 IMAJI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..