Perbandingan Kualitas dan Efisiensi Render antara Eevee dan Cycles Blender dalam Film Animasi Ireng

Authors

  • Fajar Nuswantoro Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta
  • Ehwan Kurniawan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Kesenian Jakarta
  • Daniel Fransisco Totti Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v15i3.245

Keywords:

Cycles, Eevee, Blender, Film Ireng, Komparasi

Abstract

Fokus penelitian memberikan panduan komprehensif bagi para seniman, profesional di industri animasi dan grafik komputer dalam memilih render engine yang paling sesuai kebutuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan kualitas visual antara render engine Eevee dan Cycles. Mengukur efisiensi waktu render kedua engine dalam berbagai skenario, menilai performa hardware yang dibutuhkan oleh masing-masing engine, dan memberikan rekomendasi berdasarkan analisis komparatif untuk berbagai aplikasi praktis. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti telah melakukan serangkaian uji coba dan analisis terhadap kedua engine menggunakan skenario yang mewakili berbagai kasus pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dan analisis komparatif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode yang diterapkan mencakup pengumpulan data dengan membangun adegan uji yang mencakup berbagai elemen grafis seperti tekstur, pencahayaan, dan kompleksitas objek, serta melakukan render adegan tersebut menggunakan Eevee dan Cycles pada perangkat keras yang sama demi menjaga konsistensi. Pengukuran dan analisis akan dilakukan dengan mengukur waktu render yang dibutuhkan oleh masing-masing engine untuk setiap adegan, mengevaluasi kualitas visual hasil render melalui perbandingan side-by-side dan metrik kualitas gambar objektif, serta mencatat penggunaan sumber daya perangkat keras selama proses render. Data yang diperoleh diolah menggunakan perangkat lunak analisis statistik untuk menyusun laporan yang menguraikan temuan utama, perbandingan kualitas dan efisiensi, serta rekomendasi praktis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi pengguna Blender dalam memilih antara menggunakan Eevee atau Cycles sesuai kebutuhan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cycles menghasilkan kualitas yang lebih baik daripada Eevee.

Author Biographies

Fajar Nuswantoro, Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Seorang pengajar di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta. Saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral di program studi seni pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Ehwan Kurniawan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Kesenian Jakarta

Seorang pengajar di Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta. Saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral di program studi seni pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Daniel Fransisco Totti, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Kesenian Jakarta

seorang mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta.

References

Astuti, I., Purwanto, H., Hidayat, T., Satria, D., & Purnama, R. “Comparison of Time, Size and Quality of 3D Object Rendering Using Render Engine Eevee and Cycles in Blender” 5th International Conference of Computer and Informatics Engineering, September 2022 DOI:10.1109/IC2IE56416.2022.9970186

Habibpour, L., Yousefi, S., Lighvan, M., & Aghdasi, H. “1D Chaos-based Image Encryption Acceleration by using GPU” in Indian Journal of Science and Technology, (2016).

Nuswantoro, F. (2023). PENGEMBANGAN TERNAK RENDER SEBAGAI SOLUSI MASALAH RENDER DI INDONESIA. LAYAR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.26742/layar.v9i1.2408.

Prokhorov, S. Substitution of the labor market in the construction industry by technical and automated systems. EDP Sciences, (2018).

Su, P., & Xiong, L. Digital Design Technology in Contemporary Architecture. Trans Tech Publications, (2012).

Syahputra, H., Saputra, M., & Wijaya, B. Implementasi Perbandingan dan Optimalisasi Teknik 3D Rendering pada Objek Animasi Profil Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Takengon. Jurnal Informasi dan Teknologi, (2022).

Umar, T. H., Winarso, D., & Aryanto. Analisis Perbandingan Teknik 3D Rendering Cycles dan Eevee Pada Software Blender. Jurnal Fasilkom, (2020).

Published

2024-12-20

How to Cite

Nuswantoro, F., Kurniawan, E., & Fransisco Totti, D. (2024). Perbandingan Kualitas dan Efisiensi Render antara Eevee dan Cycles Blender dalam Film Animasi Ireng. IMAJI, 15(3), 204–215. https://doi.org/10.52290/i.v15i3.245