Signifikansi Topografi
Telaah Film Sekuel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019) Sebagai Entitas Keterhubungan Ruang Diegetik dan Non-Diegetik Dalam Naratif
DOI:
https://doi.org/10.52290/i.v15i3.255Keywords:
Diegetik, Michel Chion, Naratif Sinematik, Non-diegetik, TipografiAbstract
Penelitian ini akan berfokus pada analisis mengenai tipografi dalam sinema, khususnya pada film dengan judul Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2019), Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (2023), dan Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti (2023). Ketiga film ini memiliki tipografi yang karakternya memiliki kemiripan. Pembicaraan ihwal tipografi dalam film, sejauh ini belum terlalu berkembang, karena pada hakikatnya film merupakan media audiovisual sehingga analisis film lebih berpusat pada bentuk dan gaya film. Lantas apakah tipografi tidak bisa dikatakan visual jika ia hadir bahkan sejak awal film belum dimulai. Sejak awal kemunculan sinema, tipografi telah digunakan untuk menyajikan teks dan/atau kata-kata di layar, sehingga meningkatkan kredibilitas penceritaan visual. Seiring berkembangnya teknologi, tipografi digunakan dalam berbagai tujuan seperti naratif, estetika, dan fungsional tertentu di dalam film, seperti menyampaikan informasi penting dan pengalaman sinematik. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna yang disampaikan melalui tipografi dan perannya dalam meningkatkan narasi sinematik. Untuk menganalisis siginifikansi dalam naratif sinematik, penelitian ini mengacu pada metode analisis teks dengan pendekatan Michel Chion tentang cara tipografi dimunculkan di layar.
References
Allison, Deborah. Film Title Sequences : A Critical Anthology. London: Pilea Publications, 2021.
Anusha .V.S, et al. “Movie Posters of Bollywood Remakes: A Semiotic Analysis”. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), no. 7. hlm. 291-301.
Betancourt, Michael. Typography and Motion Graphics: The “Reading-Image”. London: Routledge, 2018.
Chisholm, Brad. “Reading Intertitles.” Journal of Popular Film and Television, vol. 15, no. 3, hlm. 137–42. https://doi.org/10.1080/01956051.1987.9944095. Accessed 6 Jan. 2020.
Chion, Michel. Words on Screen. New York: Columbia University Press, 2017.
Film, in. “Visual Storytelling: Typography in Film: Typography in Film: How Text Enhances Visual Storytelling - FasterCapital.” FasterCapital. 2024, fastercapital.com/content/Visual-storytelling--Typography-in-Film--Typography-in-Film--How-Text-Enhances-Visual-Storytelling.html. Diakses 14 Desember 2024.
Krasner, Jon S. Motion Graphic Design & Fine Art Animation. Waltham: Focal Press, 2004.
Matthias Hillner. Basic Typography: Virtual Typography. Lausanne, Switzerland: Ava Publishing, 2009.
Metz, Christian. Impersonal Enunciation, or the Place of Film. New York: Columbia University Press, 2016.
Metz, Christian. Language and Cinema. The Hague: Mouton, 1974.
Rolison, Eryn. “Tips for Typography Design: Serif’s, Sans, and Scripts | Trevetts.” Trevetts. 2021, trevetts.com/resources/insights/serifs-sans-and-scripts-oh-my. Diakses 14 Desember 2024.
Sihombing, Danton. Tipografi dalam Desai Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Ubay, Fahri. “Efek Warna Dalam Desain Grafis Dan Psikologinya - Klopidea.” Klopidea. 2015, klopidea.com/efek-warna-dalam-desain-grafis-dan-psikologinya/. Diakses 14 Desember 2024.
W.Y.R. “Arti Warna Orange Dalam Psikologi: Sebuah Simbol Energi Dan Optimisme.” PsikoHub. 2023, psikohub.com/arti-warna-orange-dalam-psikologi/. Diakses 14 Desember 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IMAJI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..