Realitas Obyektif Imaji Fotografi

Authors

  • Supriyanta Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v12i3.55

Keywords:

Realitas, Obyektif, Fotografi

Abstract

Kemunculan fotografi merupakan salah satu jalan untuk menggapai cita-cita obyektifitas karena dipercaya mampu menghadirkan kembali realitas visual secara presisi. Imaji fotografi dianggap sebuah jiplakan kenyataan yang berada dalam medium permukaan dua dimensi. Dalam memindahkan imaji tersebut seorang fotografer dibantu dengan piranti mekanis kamera.  Apabila kamera mewakili mata fotografer, kemudian imaji yang dihasilkan merupakan medium untuk menyampaikan gagasan dan upaya untuk bercerita, maka unsur subyektifitas telah melebur di dalamnya. Demikian pula apabila realitas imaji yang hadir berubah karena intervensi manusia dan teknologi, hal inilah yang menjadi permasalahan.  Cara pandang realitas obyektif imaji fotografi dipaparkan secara deskriptif interpretatif tentang pengetahuan kesejarahan dari Pendidikan Tinggi dan pengalaman personal berkecimpung di dunia fotografi. Pada akhirnya akan didapat pemahaman yang mendalam dan ketegasan yang jelas terhadap obyektifitas imaji fotografi.

 

References

Davenport, Alma. The History of Photography. New Mexico: University of New Mexico, 1991.

Ajidarma, Seno Gumira. Kisah Mata; Fotografi antara dua subyek: PerbincanganTentang Ada. Yogyakarta: Galang Press, 2005.

Sheppard, Rob. Landscape Photography. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

As-SIRJANI, Prof. Dr. Raghib. Sumbangan Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka Kautsar, 2009.

JURNAL

Jailani, Imam Amrusi. “Kontibusi Ilmuwan Muslim Dalam Perkembangan Sains Modern”. Jurnal Theologia, Vol 29 No.1 2018, 165-188 ISSN 0853-3857 (print) - 2540-847X (online)

INTERNET

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri

Published

2021-12-17

How to Cite

Supriyanta. (2021). Realitas Obyektif Imaji Fotografi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 12(3), 132–143. https://doi.org/10.52290/i.v12i3.55