Film Menggunakan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan (satu cara menuju film beridentitas Indonesia)

Authors

  • Hari Suryanto Universitas Presiden Jababeka Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v12i3.59

Keywords:

Film, Kearifan Lokal, Literasi, Film Berciri Nusantara

Abstract

Indonesia adalah negeri yang di anugerahi dengan berbagai seni budaya, adat istiadat, bahasa dan suku-suku bangsa. Potensi kekayaan ini dapat dijadikan media untuk dasar penciptaan kreatifitas. Film adalah media yang memiliki kempuan menyampaikan sebuah pesan dan nilai dengan bahasa yang mudah diterima oleh penontonya. Dewasa ini belum banyak film dengan mengadaptasi kekayan kearifan lokal ini sebagai dasar penciptaan. Jika dicermati lebih jauh, film dapat dijadikan media diplomasi ke wilayah yang lebih luas untuk dalam berstategi melalui kebudayaan. Hal ini penting bagi sebuah negara untuk berkomunikasi dengan banyak bangsa dalam rangka menjalin keharmonisan melalui budaya dan nilai yang terkandung didalamnya. Disamping hal tersebut film dengan mengadaptasi kearifan lokal dalam dasar penciptaanya akanmenjadi media literasi bagi generasi penerus bangsa ini untuk mengenal budayanya sendiri, sehingga generasi ini akan memiliki akar budaya kuat. Disamping hal tersebut dengan menggunakan kearifan lokal sebagai media dasar penciptaanya makan tidak menutup kemungkinan film negeri ini akan menemukan karakter ke Nusantaraanya.

References

Brown, Blain. Cinematography : theory and practice : image making for cinematographers and directors. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. 2002.

Nye, Joseph S. Jr., Soft power and American Foreign Policy, Political Science Quarterly 119. 2004.

Jean Rouch, Edited and Translated by Steven Feld. Ciné-Ethnography. Minnestota: University of Minnesota Press. 2003.

Ricœur, Paul. Teori Interpretasi: Memahami Teks, Penafsiran dan Metodologinya, IRCiSoD, Jogjakarta. 2012.

Sapardi Djoko Damono. Alih Wahana, Gramedia Pustaka Utama. 2018.

Undang- Undang Republik Indonesia No 33 Tahun 2009 Tentang Perfilman

Published

2021-12-17

How to Cite

Suryanto, H. (2021). Film Menggunakan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan (satu cara menuju film beridentitas Indonesia). IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 12(3), 112–123. https://doi.org/10.52290/i.v12i3.59