Budaya Menonton Film: Teknologi Digital dan Katalisasi COVID-19 Menuju (Siklus) Layar Personal

Authors

  • Arda Muhlisiun Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v13i3.80

Keywords:

Film Streaming, Bioskop Online, Over the Top, Film dan COVID-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat perkembangan film dan prinsip kepenontonan film ketika wabah COVID-19 melanda dunia, saat industri perfilman juga ikut merasakan dampaknya. Berbagai cara dan upaya untuk menyelamatkan industri film ternyata justru menciptakan suatu budaya baru dalam tindakan menonton film. Kesimpulan ini dihasilkan berdasarkan metode penelitian berbasis literatur yang dilakukan dalam penelitian ini, melalui pendekatan metodologi strukturisme sejarah. Jika ditarik jauh ke belakang (1890-an), dalam sejarah relasi film dan penonton, prinsip orang menonton film dilakukan secara personal (individual). Thomas Alfa Edison adalah pelopornya melalui alatnya bernama Kinetoskop. Kehadiran Lumiere Bersaudara telah mengubah konsep menonton film. Menonton film beralih pada konsep layar besar, penonton massal, termasuk diberlakukannya tiket berbayar. Dari sinilah kemudian kita akhirnya mengenal bioskop sebagai ruang pemutaran film dalam skala yang lebih luas. Munculnya wabah COVID-19 sebagai katalisator baru telah mengubah bioskop massal menjadi bioskop yang bersifat lebih personal. Selain itu fenomena digital turut mempercepat era perfilman menuju dunianya yang baru: film streaming. Keputusan akhir penelitian ini akhirnya menyimpulkan bahwa cara orang menonton film di masa depan akan semakin personal (kembali) -seperti halnya yang terjadi pada era di mana Thomas Alfa Edison pertama kali memperkenalkan film pada masyarakat.

 

Author Biography

Arda Muhlisiun, Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Saat ini aktif sebagai pengajar di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta. Selain mengajar, kini sedang menempuh pendidikan doktoral S3 di Universitas Indonesia.

References

Buku

Gronemeyer, Andrea. FILM. US: Barron’s Educational Series Inc., 1998

Lloyd, Christopher. The Structures of History. UK and USA: Blackwell Publishing, 1993

Nhamo, Godwell, dkk. Counting the Cost of COVID-19 on the Global Tourism Industry. Switzerland: Springer, 2020

Smith, Geoffrey Nowell. The Oxford History of World Cinema. US: The Oxford University Press, 1996

Jurnal

Akser, Murat. Cinema, Life and Other Viruses: The Future of Filmmaking, Film Education and Film Studies in the Age of COVID-19 Pandemic. Cinej Cinema Journal Volume 8.2 (2020): 2 - 13

Catolfi, Antonio, Menduni, Enrico. Digital aesthetic forms between cinema and television:

The need for new research directions. Game; The Italian Journal of Games Studies. Issue 02 – 2013 : 91 - 94

Ekinci, Barış Tolga. “Youtuber Movies” From New Media to the Cinema. Cinej Cinema Journal Volume 8.2 (2020): 95 – 118)

Filho, Lúcio Reis. No Safe Space: Zombie Film Tropes during the COVID-19 Pandemic. Space and Culture 2020, Vol. 23(3) 253 – 258

Gallagher, Rob. Eliciting Euphoria Online: The Aesthetics of “ASMR” Video Culture. Volume 40, Issue 2: Special Guest-Edited Issue: The Aesthetics of Online Videos, June 2016

Groening, Stephen. Introduction: The Aesthetics of Online Videos, Volume 40, Issue 2: Special Guest-Edited Issue: The Aesthetics of Online Videos, June 2016

Ibrus, Indrek, Teet Teinemaa. The Changes that COVID-19 Catalysed for Audiovisual Industries. Baltic Screen Media Review 2020 / VOLUME 8: 3 – 7

Jeannotte, M. Sharon. When the gigs are gone: Valuing arts, culture and media in the COVID-19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open 3 (2021): 1 - 7

Jasiński, Artur. Public space or safe space – remarks during the COVID-19 pandemic. Technical Transaction No. 2020/020: 1 - 10

Khan, Kiran Shafiq, dkk. The Mental Health Impact of the COVID-19 Pandemic Across Different Cohorts. International Journal of Mental Health and Addiction, 2020

Kim, In Kyung. The impact of social distancing on box-office revenue: Evidence from the COVID-19 pandemic. Quantitative Marketing and Economics (2021) 19: 93–125

Roggeveen, Anne L, Raj Sethuraman (Editor-in-Chief). How the COVID-19 Pandemic May Change the World of Retailing. Journal of Retailing. 2020 Jun; 96(2): 169–171

Artikel

Adikara, Banu. (2021). Sedih, Film Indonesia Hanya Ditonton 400 Ribu Orang Selama Pandemi di https://www.jawapos.com/entertainment/music-movie/11/03/2021/sedih-film-indonesia-hanya-ditonton-400-ribu-orang-selama-pandemi/ (akses 29 Maret 2021)

Bramesco, Charles. How digital aesthetics have changed the movies di https://www.editorx.com/shaping-design/article/digital-aesthetics-movies (akses 27 Oktober 2022)

Kinanti, Krizia Putri. (2020). Ini Kebijakan Yang Perlu Diambil Pemerintah Untuk Pelaku Seni Ditengah Pandemi di https://kabar24.bisnis.com/read/20200407/79/1223326/ini-kebijakan-yang-perlu-diambil-pemerintah-untuk-pelaku-seni-ditengah-pandemi (Akses 30 Maret 2021)

Jones, Emma. (2020). Apakah era film 'blockbuster' Hollywood berakhir pada pandemi COVID-19? di https://www.bbc.com/indonesia/majalah-55088037 (Akses 29 Maret 2021)

Mario, Vincentius. (2020). Cara Industri Perfilman Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19 di https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/13/073243366/cara-industri-perfilman-indonesia-bertahan-di-tengah-pandemi-COVID-19?page=3 (Akses 29 Maret 2021)

Rezkisari, Indira. 2020. Industri Film Indonesia Mulai Beradaptasi di Tengah Pandemi di https://republika.co.id/berita/qhryv2328/industri-film-indonesia-mulai-beradaptasi-di-tengah-pandemi (akses 29 Maret 2021)

Simamora, Novita Sari (ed.). (2020). Dampak Corona, Pemerintah Bantu Pekerja Seni di https://lifestyle.bisnis.com/read/20200428/226/1233521/dampak-corona-pemerintah-bantu-pekerja-seni (Akses 30 Maret 2021)

Suryanto (ed.). (2020). Pemerintah siapkan langkah bantu pekerja seni terdampak pandemi corona di https://www.antaranews.com/berita/1447032/pemerintah-siapkan-langkah-bantu-pekerja-seni-terdampak-pandemi-corona (Akses 30 Maret 2021)

Seminar

Seminar Prosfisi, “Arah dan Karakter Pendidikan Tinggi Film di Indonesia.” ISI Surakarta. 25 November 2022

Published

2022-12-05

How to Cite

Muhlisiun, A. (2022). Budaya Menonton Film: Teknologi Digital dan Katalisasi COVID-19 Menuju (Siklus) Layar Personal. IMAJI, 13(3), 176–189. https://doi.org/10.52290/i.v13i3.80