Suara dan Memori Propaganda: Asosiasi Sound Narrative dalam On The Origin of Fear

Authors

  • Jonathan Manullang @atamerica Guest Curator 2017-2018, Kontributor Rubrik Misbar Tirto.id

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v14i3.136

Keywords:

thriller psikologis, G30S, sejarah, propaganda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kreatif atas audio sebagai elemen sentral dalam On The Origin of Fear (2016), film pendek karya Bayu Prihantoro Filemon, yang menggunakan kerangka teoritik berupa model tricircle yang dikembangkan oleh Michel Chion. Guna mendapatkan hasil komprehensif, kajian ini menerapkan metode kualitatif yang ditopang oleh pendekatan analisa deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan studi literatur. Tulisan ini menemukan bahwa pemanfaatan offscreen-zone, off-zone, serta in-zone secara tepat guna dalam film mampu mempenetrasi memori alam bawah sadar penonton serta mengekspos upaya peng-korupsi-an pikiran yang telah lama bercokol tentang salah satu episode terkelam dalam sejarah republik.

Author Biography

Jonathan Manullang, @atamerica Guest Curator 2017-2018, Kontributor Rubrik Misbar Tirto.id

Seorang programmer dan kurator film di komunitas Sinema Rabu dari tahun 2015 sampai 2017. Selain itu ia juga pernah menjadi kurator di festival lainnya seperti Asian Young Curator di ARKIPEL International Film Festival pada tahun 2015.

References

Buku

Altman, Rick. Sound Theory, Sound Practice. London: Routledge, 1992.

Boillat, Alain. Du bonimenteur à la voix-over: voix-attraction et voix-narration au cinéma. Lausanne: Editions Antipodes, 2007.

Chion, Michel. Le Son au cinéma. Paris: Cahiers du cinéma, 1992.

Doane, Mary Ann. “Ideology and the Practice of Sound Editing and Mixing.” In Film Sound: Theory and Practice, Elisabeth Weis and John Belton, ed. New York: Columbia University Press, 1985.

Jullier, Laurent. L’Analyse de Séquences. Paris: Armand Colin, 2011.

Kracauer, Siegfried. Theory of Film: The Redemption of Physical Reality. Princeton, N.J.: Princeton University Press, 1997.

Jurnal

Le Fèvre-Berthelot, A. “Audio-Visual: Disembodied Voices in Theory”. In Media The French Journal of Media Studies, Vol. 4, Nov. 2013, pp. 4-10, http:// journals.openedition.org/inmedia/697.

Percheron, Daniel dan Marcia Butzel. Sound in Cinema and its Relationship to Image and Diegesis. Yale French Studies, no. 60, Aug. 1980, pp. 16-23.

Schaeffer, Pierre. L’Élément non visuel au cinéma (3): psychologie du rapport vision-audition. La Revue du Cinéma Vol. 3, no. 1, Feb. 1946, pp. 45-48.

Film

Filemon, Bayu P. On The Origin of Fear. Limaenam Films, 2016.

Published

2023-12-18

How to Cite

Manullang, J. (2023). Suara dan Memori Propaganda: Asosiasi Sound Narrative dalam On The Origin of Fear . IMAJI, 14(3), 180–188. https://doi.org/10.52290/i.v14i3.136