Televisi di Indonesia dan Mitos Rating-Share

Authors

  • Satrio Pamungkas Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

kebudayaan televisi, konstruksi televisi, mitos

Abstract

Televisi merupakan kebudayaan populer yang merepresentasikan teks, yang di dalamnya banyak makna baru yang berjuang mengisi dan juga hilang dari makna yang sebelumnya. Sebagai bentuk budaya populer, televisi sangat berpengaruh terhadap setiap makna yang disampaikan (encode) dan juga harus mengevaluasi bagaimana makna itu bisa diterima (decode) oleh penontonnya. Sebagian besar yang terjadi, televisi sangat terpengaruh oleh hasil riset kuantitatif yang didapat. Hasil riset itu (rating-share) begitu kuat dalam mengkonstruksi produksi tayangan yang ada pada setiap televisi. Persoalannya adalah data hasil riset tersebut. Data itu menjadi pertanyaan besar, bersumber dari mana, dan teknis pengumpulannya seperti apa. Namun data tersebut begitu dipercaya, layaknya berhala yang memiliki kekuatan yang mempengaruhi segala macam proses produksi tayangan. Rating-share menjadi mitos yang sudah melekat di benak televisi yang ada di Indonesia.

References

Barker, Chris. Cultural Studies: Theory and Practice. London: SAGE Publication. 2000.

Casey, Bernadette, Neil Casey, dkk. Television Studies: The Key Concept. London & New York: Routledge. 2008.

Fiske, John & John Hartley. Reading Television. London & New York: Routledge. 2003.

Fiske, John. Television Culture. New York: Routledge. 1987.

Irwansyah, Ade. “Tahukah Anda: Apakah Rating Dan Apakah Share?” Archive Tabloidbintang.com. TabloidBintang.com, 13 September 2011. Web. 24 Juli 2017.

Mario Sepuh Grogi Berat Bertemu Najwa Shihab & Wishnutama. YouTube. YouTube, 6 Desember 2016. Web. 24 Juli 2017.

“The Mystery of the Audience.” The Mystery of the Audience. N.p., n.d. Web. 24 Juli 2017.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Pamungkas, S. . (2021). Televisi di Indonesia dan Mitos Rating-Share. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 9(1), 46–54. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/36