Komposisi Potemkin Sergei Eisenstein

Authors

  • Budi Wibawa Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Abstract

Bermula dari perdebatan beberapa teoritikus dalam menanggapi tawaran para pengusung montage Soviet demi mengajukan editing (Lebih tepatnya montage) sebagai kontributor utama bagi film sebagai medium ekspresi seni dan konstruksi re alitos. Artikel ini sebenarnya adalah tulisan klasik dalam konteks sejarah film yang pada akhirnya akan bermuara pada pemisahan duo tradisi aliran teori film: formalis dan realis. Ditulis oleh S. Eisenstein sebagai semacam "pembelaan" atas "gugatan" beberapa teoritikus yang menilai The Battleship Potemkin (1925) sebagai film yang mengandalkan montage sebagai teknik yang sangat mendikte/memengaruhi penonton sehingga lebih mirip propaganda. Selain untuk memperkenalkan gagasan Eisenstein sebagai pelaku langsung dalam sejarah film, tulisan ini juga berusaha mengisi sangat minimnya literatur film yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Published

2024-01-15

How to Cite

Wibawa, B. (2024). Komposisi Potemkin Sergei Eisenstein. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 1(4), 27–40. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/155

Issue

Section

Articles