Jagal (2012) dan Senyap (2014) Keputusan Etis Seorang Sutradara
DOI:
https://doi.org/10.52290/i.v12i3.57Keywords:
etika, dokumenter, sinema, semiotik, film form dan styleAbstract
Jagal (2012) dan Senyap (2014) adalah dua film dokumenter yang sempat menyita perhatian dunia. Kedua film itu berhasil mengangkat isu tentang peristiwa Tragedi 1965, sebuah sejarah kelam negara Indonesia di masa Orde Baru dengan cara yang unik. Isu yang diangkat kedua dokumenter tersebut berhasil menstimulus munculnya kembali berbagai perdebatan hangat terkait kebenaran sejarah peristiwa Tragedi 1965. Sayangnya, kajian mengenai dokumenter tersebut sebagai “teks” yang menggunakan medium “gambar bergerak” justru sering terabaikan, tenggelam di tengah kegaduhan isu yang ditawarkannya, yang lebih sebagai “konteks” yang melebar terlalu luas, ketimbang analisis yang berpegang erat pada “teks” yang ditawarkan oleh film-film itu sendiri.
References
Barthes, Roland. Rhetoric of the Images, dalam Roland Barthes. Image, Music, Text. London: Fontana Press. 1977.
Bertens, K. Etika, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2007.
Bordwell, David dan Kristin Thompson, dan Jeff Smith. Film Art, an Introduction ed. 11. New York: McGraw Hill Education. 2017.
Breton, André. (penerjemah Richard Seaver dan Helen R. Lane). Manifestoes of Surrealism. Michigan: The University of Michigan Press. 1924.
Grønstad, Asbjørn. Screening the Unwatchable. London: Palgrave Macmillan. 2012.
Grønstad, Asbjørn.. Film and the Ethical Imagination, London: Palgrave Macmillan. 2016.
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI), Dewan Kesenian Jakarta, dan Final Cut for Real.
Senyap (Katalog Pemutaran dan Diskusi). Jakarta. 2014.
Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadan Media Group. 2007.
Nichols, Bill. Introduction to Documentary. Bloomington: Indiana University Press. 2001.
Nichols, Bill. Why Are Ethical Issues Central to Documentary Filmmaking? dalam Bill Nichols. Introduction to Documentary. Bloomington: Indiana University Press. 2001.
Nichols, Bill.. Speaking Truth with Film, Evidence, Ethics, Politics in Documentary. Bloomington: University of California Press. 2016.
Oppenheimer, Joshua dan Michael Uwemedimo. Show of Force: A Cinema-séance of Power and Violence in Sumatra’s Plantation Belt, dalam Joshua Oppenheimer dan Joram Ten Brink (peny.). Killer Image, Documentary Film, Memory and the Performance of Violence. New York: A Wallflower Press Book. 2012.
WEBTOGRAFI DAN INTERNET
Ady. 2012. Larang Film Senyap, Komnas HAM Sebut LSF Seperti Orba dalam https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt54aaaf16ed1ef/larang-film-senyap--komnas-ham-sebut-lsf-seperti-orba
Artharini, Isyana. 2016. Simposium 65 diharapkan 'Membangun Rekonsiliasi' dalam http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/04/160417_indonesia_simposium_65
Covesia News, 2015. Ini Dia Tujuh Poin Alasan Penolakan Film Senyap oleh LSF dalam https://www.covesia.com/news/baca/4736/ini-dia-tujuh-poin-alasan-penolakan-film-senyap-oleh-lsf
Permana, Fidel Ali (Ed.). 2014. Joshua Oppenheimer: Film "Senyap" Bukan untuk Ungkit Luka Lama dalam https://nasional.kompas.com/read/2014/11/10/224949/Joshua.Oppenheimer.Film.Senyap.Bukan.untuk.Ungkit.Luka.Lama
FILMOGRAFI
Buñuel, Luis. Land Without Bread/Las Hurdes, 1933, Ramón Acín
Buñuel, Luis dan Salvador Dali. Un chien Andalou, 1929, Les Grands Films Classiques (GFC) (1960) (France) (theatrical) (sound version).
Buñuel, Luis dan Salvador Dali. L'Age d'Or, 1930, Vicomte de Noailles.
Duchamp, Marcel. Anemic Cinema, 1926, Image Entertainment (2005) (USA) (DVD).
Dulac, Germaine. The Seashell and Clergyman, 1928, Délia Film.
Epstein, Jean dan Luis Buñuel. Fall of the House of Usher, 1928, Films Jean Epstein.
Moore, Michael. Bowling for Columbine, 2002, United Artists.
Moore, Michael. Sicko, 2007, Dog Eat Dog Films, The Weinstein Company.
Noer, Arifin C. Pengkhianatan G.30.S/PKI, 1984, PPFN.
Oppenheimer, Joshua. Jagal/The Act of Killing, 2012, Final Cut for Real.
Oppenheimer, Joshua. Senyap/The Look of Silence, 2014, Final Cut for Real.
Renoir, Jean. La Fille de l'Eau, 1924, Les Films Jean Renoir.
Vertov, Dziga. Man with Movie Camera, 1929, Vseukrainske Foto Kino Upravlinnia (VUFKU).
Welles, Orson. F for Fake, 1973, Les Films de l'Astrophore, SACI, Janus Film und Fernsehen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 IMAJI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..