Hegemoni Wajah Dalam Sejarah Film: Sebuah Tinjauan Historis Secara Personal

Authors

  • Mohamad Ariansah Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta

Abstract

Perkembangan sejarah film selama satu abad lalu dan mungkin terus berlanjut, berada dalam dominasi close up (CU) dan medium close up (MCU). Tujuan dari tipe-tipe shot tersebut untuk menampilkan wajah manusia sebagai subyek. Terutama CU yang menjadikan wajah manusia lebih mendominasi dalam layar. Persoalannya mengapa dalam sejarah film, CU dan MCU yang terfokus pada wajah manusia menjadi salah satu bahasa film yang dominan? Bahkan bila dibandingkan dengan tipe shot-tipe shot lain, ia menjadi salah satu diskursus yang paling subur dalam estetika film.

Author Biography

Mohamad Ariansah, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta

lahir di Jakarta, 19 Desember 1974. Mengajar di Fakultas Film dan Televisi FFTV-IKJ.

Published

2024-01-15

How to Cite

Ariansah, M. (2024). Hegemoni Wajah Dalam Sejarah Film: Sebuah Tinjauan Historis Secara Personal. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, &Amp; Media Baru, 1(2), 25–27. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/144