Pertumbuhan Kajian Televisi, Keseharian, dan Revolusi Sains

Authors

  • Mohamad Ariansah Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

kajian televisi, teks, keseharian

Abstract

Sains adalah sebuah wilayah yang memiliki standar terukur dan ketat dengan mengakomodasi persoalan ontologis, epistemologis maupun etis. Kriteria-kriteria terten tu menentukan seberapa sahih sebuah bidang dapat diklaim sebagai bagian dari ilmu pengetahuan. Karena persoalan-persoalan tersebut, terkadang sains terkesan angkuh dan dingin. Kemunculan kajian televisi sebagai bidang baru dalam penelitian ilmu-ilmu sosial dan komunikasi sejak periode 1990-an, telah memberikan sebuah inovasi dan persoalan baru terhadap sains. Pada satu sisi ia membuka imajinasi tanpa batas mengenai wilayah dari sains, namun di sisi lain selalu akan muncul resiko bahwa sains akan kehilangan keunikannya sebagai disiplin yang ketat dan berganti menjadi kisah-kisah mengenai apapun.

References

Newcomb, Horace, " The Development of Television Studies If in A Companion to Television. Edited by Janet Wasko . Blackwell Publishing, Oxford: 2005.

Sheringham, Michael, Everyday Life : Theories and Practices from Surrealism to the Present. Oxford University Press, Oxford: 2006.

Published

2024-10-16

How to Cite

Ariansah, M. (2024). Pertumbuhan Kajian Televisi, Keseharian, dan Revolusi Sains. IMAJI, 4(2), 111–117. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/230

Issue

Section

Articles