Konsep Kepenontonan dan Penanda Sinematik Dalam Teori Film Psikoanalisis

Authors

  • Mohamad Ariansah Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52290/i.v15i3.208

Keywords:

Teori film psikoanalisis, konsep kepenontonan, penonton film, penanda imajiner

Abstract

Penanda sinematik adalah sistem yang bersifat internal dalam sebuah film. Sebagai sebuah konsep, penanda sinematik merupakan salah satu aspek yang khas dari kajian sinema sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan. Sehingga analisis terhadap penanda sinematik merupakan sebuah langkah awal yang wajib dilakukan untuk memahami makna sebuah film. Sementara itu, teori film psikoanalisis berusaha memahami penanda sinematik melalui konsep kepenontonan yang berasal dari luar film itu sendiri. Tulisan ini berusaha untuk melihat secara kritis pergeseran analisis film dari penanda sinematik ke studi kepenontonan, khususnya melalui kajian kepustakaan atas teori film semiologi dan psikoanalisis.

Author Biography

Mohamad Ariansah, Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

pengajar film dan kajian sinema di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta. Saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral di program studi seni pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

References

Aumont, Jacques, Alain Bergala, Michel Marie dan Marc Vernet. Aesthetics of Film. Austin: University of Texas Press, 1992.

Branigan, Edward dan Warren Buckland, penyunting. The Routledge Encyclopedia of Film Theory. London & New York: Routledge, 2014.

Hayward, Susan. Cinema Studies: The Key Concepts. Third Edition. London & New York: Routledge, 2006.

Metz, Christian. Psychoanalysis and Cinema: The Imaginary Signifier. London: Macmillan, 1983.

Rushton, Richard dan Gary Bettison. What is Film Theory? Berkshire: Open University Press, 2010.

Stam, Robert. Film Theory: An Introduction. Oxford: Blackwell, 2000.

Stam, Robert, Robert Burgoyne dan Sandy Flitterman-Lewis. New Vocabularies in Film Semiotics. London & New York: Routledge, 1999.

Published

2024-12-20

How to Cite

Ariansah, M. (2024). Konsep Kepenontonan dan Penanda Sinematik Dalam Teori Film Psikoanalisis. IMAJI, 15(3), 157–164. https://doi.org/10.52290/i.v15i3.208