Konsep Kepenontonan dan Penanda Sinematik Dalam Teori Film Psikoanalisis
DOI:
https://doi.org/10.52290/i.v15i3.208Keywords:
Teori film psikoanalisis, konsep kepenontonan, penonton film, penanda imajinerAbstract
Penanda sinematik adalah sistem yang bersifat internal dalam sebuah film. Sebagai sebuah konsep, penanda sinematik merupakan salah satu aspek yang khas dari kajian sinema sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan. Sehingga analisis terhadap penanda sinematik merupakan sebuah langkah awal yang wajib dilakukan untuk memahami makna sebuah film. Sementara itu, teori film psikoanalisis berusaha memahami penanda sinematik melalui konsep kepenontonan yang berasal dari luar film itu sendiri. Tulisan ini berusaha untuk melihat secara kritis pergeseran analisis film dari penanda sinematik ke studi kepenontonan, khususnya melalui kajian kepustakaan atas teori film semiologi dan psikoanalisis.
References
Aumont, Jacques, Alain Bergala, Michel Marie dan Marc Vernet. Aesthetics of Film. Austin: University of Texas Press, 1992.
Branigan, Edward dan Warren Buckland, penyunting. The Routledge Encyclopedia of Film Theory. London & New York: Routledge, 2014.
Hayward, Susan. Cinema Studies: The Key Concepts. Third Edition. London & New York: Routledge, 2006.
Metz, Christian. Psychoanalysis and Cinema: The Imaginary Signifier. London: Macmillan, 1983.
Rushton, Richard dan Gary Bettison. What is Film Theory? Berkshire: Open University Press, 2010.
Stam, Robert. Film Theory: An Introduction. Oxford: Blackwell, 2000.
Stam, Robert, Robert Burgoyne dan Sandy Flitterman-Lewis. New Vocabularies in Film Semiotics. London & New York: Routledge, 1999.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IMAJI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
IMAJI (ISSN Online: 2775-6033 | ISSN Print: 1907-3097 ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..