Sinema Modern: Sebuah Persoalan Historiografi dalam Sejarah Film

Authors

  • Mohamad Ariansah Fakultas Film Dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta

Keywords:

Sinema klasik, sinema modern, sinema puisi

Abstract

Salah satu persoalan utama dalam setiap seni adalah memberikan perspektif baru dalam memandang dunia. Berdasarkan itu ambisi untuk menghasilkan berbagai kemungkinan baru, secara isi, struktur ataupun bentuk menjadi ambisi utama sepanjang sejarah seni. Dalam sinema ide ten tang kebaruan terwujud dalam diskursus tentang Sinema modern. Masalahnya kemudian ide tentang yang modern bukanlah sebuah tema eksklusif dan temuan dari bidang seni semata, tetapi menyebar dalam perdebatan di semua disiplin ilmu pengetahuan dan filsafat. Lantas model seperti apakah yang tepat untuk menjadi definisi modern dalam sinema. Yang diyakini sepenuhnya telah mun cul dalam perjalanan sejarah sinema.

References

Stam, Robert. Film Theory: An Introduction. Wiley-Blackwell: 2000.

Orr, John. Post War Cinema & Modernity. Edinburgh University Press: 2000.

Aumont, Jacques. Moderne? : Comment le cinema est devenu Ie plus singulier des arts. Cahiers du cinema: 2007.

Published

2024-10-15

How to Cite

Ariansah, M. (2024). Sinema Modern: Sebuah Persoalan Historiografi dalam Sejarah Film. IMAJI, (6), 67–71. Retrieved from https://imaji.ikj.ac.id/index.php/IMAJI/article/view/209

Issue

Section

Articles